Apakah Penderita Diabetes Bisa Menikah dan Memiliki Anak?

Apakah Penderita Diabetes Bisa Menikah dan Memiliki Anak? Kredit Foto: Unsplash/Marc A. Sporys

Banyak kekhawatiran yang dialami penderita diabetes. Kekhawatiran ini meliputi berbagai aspek baik aspek kesehatan tubuh ataupun tinjauan kehidupan lainnya, sebut saja menjalani kehidupan bersama pasangan atau menjalin hubungan pernikahan.

Kondisi tubuh yang tidak lagi bisa bekerja maksimal menjadi bahan pertimbangan seseorang untuk menjalin pernikahan. Lantas apakah sebenarnya penderita diabetes bisa menikah?

Baca Juga: Mengapa Mengatur Waktu Makan Penting Bagi Penderita Diabetes?

Melansir laman topdoctorsonline, penderita diabetes bisa menikah dan menjalani hidup bahagia yang normal sebaik non-diabetes.

Banyak kasus kekhawatiran juga meliputi Orang tua yang khawatir anak gadis mereka tidak bisa menikah, tidak bisa punya anak dan khawatir akan melahirkan keturunan yang berisiko terkena diabetes juga.

Tidak perlu khawatir, karena seorang gadis dengan diabetes dapat menikah, mendapatkan anak normal yang sehat dan menjalani kehidupan pernikahan yang bahagia, baik dari segi kualitatif maupun kuantitatif.

Baca Juga: Apa Benar Tidur di Pagi Hari Sebabkan Diabetes? Ternyata…

Sebagian besar remaja dengan diabetes di rumah sakit kami yang usia menikah sudah menikah dan kebanyakan dari mereka menikah dengan orang tanpa diabetes. Banyak dari mereka memiliki anak yang sehat seperti orang lain.

Catatan

Mengutip laman doctor.ndtv.com, Jika diabetes terjadi pada pria maka tidak ada masalah sama sekali tetapi jika diabetes terjadi pada wanita maka selama kehamilan diperlukan kontrol yang sangat ketat dan kehamilan harus berdasarkan pilihan dan bukan kebetulan dan gula darah harus dikontrol dengan baik selama kehamilan.

Terapkan pola hidup sehat baik sebelum atau setelah menikah agar risiko lanjutan yang parah dari diabetes dapat dihindari.

Baca Juga: Penting! Berapa Kadar Gula Darah Normal untuk Penderita Diabetes?

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini