Penting! Ini Makanan Penghidrasi Terbaik untuk Penderita Diabetes

Penting! Ini Makanan Penghidrasi Terbaik untuk Penderita Diabetes Kredit Foto: Instagram/sayurbox

Dehidrasi diketahui menyebabkan dampak pada kondisi diabetes. Asupan air yang rendah dikaitkan dengan gula darah tinggi. Tentu kondisi ini sangatlah berbahaya bagi orang-orang yang mengidap diabetes.

Atas kenyataan tersebut maka selain dengan mengonsumsi cukup air untuk diminum, alternatif asupan makanan juga bisa membantu menghindari seseorang dari dehidrasi. Berikut beberapa makanan penghidrasi terbaik yang baik dikonsumsi penderita diabetes.

Seledri dan Mentimun

Baca Juga: Dahsyat! Bisa Mengatur Gula Darah, Seledri Tepat untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Katherine Mitchell, RD, di Pusat Medis Wexner Universitas Negeri Ohio di Columbus menyampaikan seringkali orang mengira buah-buahan adalah makanan yang paling banyak mengandung air, padahal banyak sayuran juga memiliki kandungan air yang tinggi.

Misalnya, seledri terdiri dari antara 90 dan 99 persen air, menurut penelitian sebelumnya.

Mentimun adalah pilihan menghidrasi lainnya, mengandung sekitar 96 persen air, kata Mitchell. Satu cangkir irisan mentimun mengandung sekitar 16 kalori, menurut Departemen Pertanian AS (USDA).

Baca Juga: Ini Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Mentimun dan Madu

Paprika

Paprika adalah sayuran non-tepung yang bagus dengan kandungan air yang tinggi. Paprika juga menawarkan kandungan vitamin C dan serat.

"Serat memperlambat seberapa cepat segala sesuatu dicerna, dan dengan demikian seberapa cepat gula memasuki aliran darah," kata Mitchell.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Januari 2018 di The Journal of Nutrition, wanita yang mengonsumsi lebih dari 25 gram (g) serat per hari dan pria yang mengonsumsi lebih dari 38 gram per hari memiliki risiko 20 hingga 30 persen lebih rendah terkena penyakit tipes. 2 kencing manis.

Satu paprika hijau sedang mengemas sekitar 2 g serat, untuk 24 kalori dan 5,5 g karbohidrat, menurut USDA. Plus, mereka menghidrasi – paprika mengandung sekitar 94 persen air, menurut MyFoodData.com.

Baca Juga: Apakah Penderita Diabetes Bisa Menikah dan Memiliki Anak?

Sayuran Hijau

Mitchell menambahkan bahwa sayuran hijau, seperti selada, juga bisa sangat menghidrasi. Dia mengatakan untuk memilih selada hijau yang lebih kaya dan lebih gelap, yang mengemas lebih banyak nutrisi dan vitamin daripada selada berwarna lebih terang.

Salah satu dari sayuran yang lebih gelap itu adalah Bayam. Ini adalah sumber vitamin K yang sangat baik, dengan 121 persen dari nilai harian Anda dalam 1 cangkir, menurut NIH (National Institutes of Health).

“Vitamin K adalah nutrisi yang memainkan peran utama dalam kemampuan tubuh Anda untuk membentuk gumpalan darah" kata Leigh Tracy, RD, CDCES, di Pusat Endokrinologi di Mercy Medical Center di Baltimore.

Tomat

Tomat adalah pilihan lain yang menghidrasi. Menurut USDA, satu cangkir tomat ceri mengandung sekitar 27 kalori dan 6 karbohidrat. Mereka juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.

Baca Juga: Penelitian: Pasangan yang Sudah Menikah Berbagi Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

Tomat mengandung sekitar 95 persen air, catat MyFoodData.com

Apel

Salah satu pilihan yang bagus adalah memilih buah dengan kulitnya, kata Mitchell. Hal ini karena kulitn buah memberikan serat tambahan. Misalnya, dia menyarankan untuk mencoba irisan apel dan selai kacang untuk camilan kaya protein yang menghidrasi, mencatat bahwa apel adalah sumber serat yang baik; satu apel ukuran sedang mengandung 4,5 g serat.

Dan hanya itu yang diperlukan untuk membuat Anda mencapai tujuan serat Anda, yang direkomendasikan oleh Mayo Clinic pada 21 hingga 25 g per hari untuk wanita dan 30 hingga 38 g per hari untuk pria.

Buah Berry

Buah-buahan dengan biji adalah pilihan lain yang kaya serat dan menghidrasi. Berries terutama merupakan sumber antioksidan yang hebat seperti anthocyanin, kata Mitchell, dan mereka memiliki banyak vitamin C. Cobalah blackberry, raspberry, stroberi, atau blueberry, dan pasangkan dengan beberapa kacang berprotein tinggi untuk camilan bergizi.

Baca Juga: Penting! Waktu Makan yang Tepat Bagi Penderita Diabetes Ternyata…

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini