Ada Atlet Ketahuan Positif Corona dan Tolak PON Dihentikan, Menpora: Biasa lah itu

Ada Atlet Ketahuan Positif Corona dan Tolak PON Dihentikan, Menpora: Biasa lah itu Kredit Foto: Antara/Nova Wahyudi

Dua judoka asal Kalimantan Timur (Kaltim) gagal pulang ke daerah asalnya karena terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil tes usap PCR.

Pelatih judo Kaltim Adianoor menyebutkan dua atletnya yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut adalah Melia Kubus dan Eko Haryono. Keduanya saat ini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Mimika.

"Tim kesehatan mengupayakan untuk melakukan tes ulang PCR, kalau hasilnya tetap sama akan diupayakan terapi penyembuhan maksimal sepuluh hari," jelasnya.

Menanggapi temuan kasus infeksi virus corona pada atlet tersebut, Menpora Zainudin Amali memastikan temuan kasus itu tidak memengaruhi penyelenggaraan PON Papua.

"Saya kira dari awal mereka datang kan sudah divaksin. Jadi, kalau toh ada satu-dua orang (positif COVID-29) ya biasalah itu. Tidak ada masalah," kata Menpora di sela meninjau pelaksanaan PON di Mimika Sport Centre.

Menurut Amali, atlet yang diketahui positif COVID-19 akan langsung menjalani karantina, sementara atlet-atlet lain tetap menjalani kegiatan seperti biasa.

"Satu kena, (PON) langsung dihentikan tidak mungkinlah. Kan sudah berjalan, bahkan ada yang sudah dapat medali," imbuhnya.

Menpora juga menimpali, "Itu dari awal, dari technical meeting sudah diberitahu bahwa bagi cabang olahraga yang atletnya ada yang terindikasi positif langsung diisolasi. (Atlet) yang lain tetep jalan aja," tegasnya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini