Tips untuk Pasangan dengan Kondisi Diabetes Agar Tetap Sehat Menjalani Rumah Tangga

Tips untuk Pasangan dengan Kondisi Diabetes Agar Tetap Sehat Menjalani Rumah Tangga Kredit Foto: Unsplash

Kondisi diabetes adalah salah satu ‘mimpi buruk’ yang mungkin bisa diterima seseorang. Diabetes diibaratkan sebagai ‘gerbang’ karena banyak komplikasi atau penyaakit turnan lainnya yang muncul akibat kondisi ini.

Konsekuensi dari adanya kondisi ini pada seseorang adalah pola menjalani hidup yang berubah karena harus menyesuaikan dengan situasi yang ada.

Baca Juga: Apakah Penderita Diabetes Bisa Menikah dan Memiliki Anak?

Bagi penderita diabetes yang menjalani kehidupan pernikahan, sangat penting untuk menjaga baik kondisi fisik dan aspek lainnya yang berkaitan dengan kehidupan rumah tangga.

Berikut beberapa tips yang bisa pasangan dengan konddisi diabetes lakukan agar kehidupan rumah tangga dan faktor kesehatan fisik tetap terjaga sebagaimana dilansir dari laman Everyday Health.

Berbicara satu sama lain

Menyesuaikan diri dengan hidup dengan diabetes sulit bagi pasien dan pasangan. Bicarakan tentang apa yang Anda takuti, apa yang membuat Anda marah, dan apa yang Anda butuhkan dari pasangan Anda — dan pastikan untuk menjawab pertanyaan pasangan Anda.

Baca Juga: Penelitian: Pasangan yang Sudah Menikah Berbagi Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

Cari Pendukung yang Bisa Memahami

Bergabung dengan kelompok pendukung untuk penderita diabetes atau anggota keluarga penderita diabetes dapat menjadi sumber yang berharga bagi kedua pasangan dalam suatu hubungan. Di sana Anda dapat berbicara dengan orang lain yang mengalami tantangan yang sama dengan Anda dan bertukar pikiran tentang cara mengatasinya.

Temukan cara untuk menghilangkan stres

Berurusan dengan diabetes dapat menambah tingkat stres yang kompleks pada pernikahan, jadi carilah waktu untuk bersantai. Pilih aktivitas atau hobi yang Anda sukai, bersama atau sendiri, dan secara teratur luangkan waktu untuk melupakan masalah Anda dan bersenang-senanglah.

Bersama dapaatkan edukasi tentang diabetes

Hal ini dapat membantu pasangan lebih memahami diabetes dan menyesuaikan diri dengan kenyataan barunya sebagai penderita diabetes.

Baca Juga: Penting! Ini Makanan Penghidrasi Terbaik untuk Penderita Diabetes

Berkomitmen untuk perubahan gaya hidup bersama

Ini adalah langkah penting lainnya dalam menyesuaikan suatu hubungan untuk mengakomodasi kebutuhannya akan gaya hidup yang lebih sehat. Pasangan bisa mengubah gaya hidup seseoang juga untuk membuatnya lebih mudah untuk tetap dengan kebiasaannya yang lebih baik.

Dan hal yang terpenting adalah selalu rutin mengunjungi tenaga kesehatan agar tindakan serta yang langkah diambil pasangan dengan kondisi diabetes dapat tepat sasaran dan aman bagi kelangsungan pasangan itu sendiri.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini