Vaksinasi saat Hamil Dapat Membantu Mewariskan Antibodi ke Bayi Baru Lahir

Vaksinasi saat Hamil Dapat Membantu Mewariskan Antibodi ke Bayi Baru Lahir Kredit Foto: Unsplash/Suhyeon Choi

Wacana pro-kontra pemberian vaksin dan efektivitasnya masih terus bergulir saat ini. Sebagian orang menganggap bahwa vaksin tidak berdampak besar pada penanganan infeksi Covid-19. Padahal sudah banyak studi atau penelitian yang menyebut bahwa vaksin efektif mencegah risiko kematian karena Covid-19.

Vaksin terhadap Ibu Hamil pun menjadi perdebatan mengenai penting atau tidaknya diterapkan. Sebenarnya apakah vaksin aman dan bermanfaat bagi ibu hamil?

Baca Juga: Pfizer Mulai Mengirimkan Data Vaksin untuk Anak di Kanada

Melansir laman kesehatan Healthline, Sejak vaksin tersedia pada Desember 2020, dokter sangat menganjurkan orang hamil untuk diimunisasi terhadap COVID-19 untuk melindungi tidak hanya diri mereka sendiri, tetapi juga bayi mereka yang baru lahir.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang hamil memiliki risiko lebih besar terkena penyakit parah dan komplikasi dari COVID-19, dibandingkan dengan orang yang tidak hamil.

Orang hamil yang tidak divaksinasi juga lebih mungkin mengalami kelahiran prematur dan memiliki hasil kelahiran yang lebih buruk, dibandingkan dengan orang hamil yang telah divaksinasi.

Sebuah studi baru dari para peneliti di New York University (NYU) menemukan manfaat lain dari mendapatkan vaksinasi. Bayi baru lahir yang ibunya telah menerima vaksin Pfizer atau Moderna memiliki tingkat antibodi yang tinggi.

Baca Juga: Ngeri! Bukan Hanya Menyerang Paru-paru, Kini Covid-19 Menyebabkan 'Sindrom Dubur Gelisah'

Temuan itu muncul tepat ketika Food and Drug Administration (FDA) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memilih orang hamil yang memenuhi syarat untuk menerima suntikan booster COVID-19.

Jumlah orang hamil dengan COVID-19 telah meningkat dalam beberapa minggu terakhir, karena tingkat vaksinasi yang rendah di antara orang hamil dan peningkatan penyebaran varian Delta yang sangat menular.

“Berita terbaiknya adalah ketika seorang wanita hamil divaksinasi, bayi yang baru lahir memiliki antibodi pelindung terhadap COVID. Mendapatkan vaksin COVID adalah win-win untuk ibu dan bayi, ”Dr. Sheryl Ross, seorang OB-GYN di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California, mengatakan kepada Healthline.

Baca Juga: Studi Mengungkapkan Obat Ini Mampu Mengurangi Risiko Kematian Akibat Covid-19

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini