Penting! Dokter Mengingatkan Perubahan pada Mata Bisa Mengindikasikan Kondisi Hipertensi

Penting! Dokter Mengingatkan Perubahan pada Mata Bisa Mengindikasikan Kondisi Hipertensi Kredit Foto: Unsplash/Amanda Dalbjörn

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu kondisi kesehatan kronis yang sangat berbahaya apabila tidak diwaspadai. Tekanan darah yang terlampau tinggi bisa mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Namun sayangnya tidak sedikit orang yang merasa tidak memiliki kondisi hipertensi tetapi nyatanya mereka memilikinya.

Meskipun ada banyak gejala hipertensi yang mungkin disadari orang, seperti jantung berdebar atau pusing, dua dokter NHS menjelaskan beberapa perubahan penting pada mata pasien yang mungkin tidak disadari orang terkait dengan tekanan darah.

Baca Juga: Apakah Hubungan Penyakit Diabetes dengan Hipertensi?

Melansir laman Express, berbicara kepada Express.co.uk, GP NHS Dr Gary Bartlett mengatakan Jika pasien mengalami gejala, gejalanya seringkali tidak jelas.

"Pasien mungkin melaporkan sakit kepala dan kemungkinan penglihatan kabur."

GP NHS Dr Rachel Ward menambahkan bahwa terkadang orang mengalami pusing dan merasa lesu mungkin gejala seperti merujuk pada pembuluh darah pecah di mata.

Dr Bartlett menjelaskan bahwa tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah kecil dan halus di belakang mata.

Dia menunjukkan bahwa ini dapat menyebabkan kerusakan pada retina, yang merupakan jaringan peka cahaya di bagian belakang mata.

Baca Juga: Apa Benar Tidur di Pagi Hari Sebabkan Diabetes? Ternyata…

"Ini dapat menyebabkan pendarahan di mata yang menyebabkan penglihatan kabur dan dalam beberapa kasus kehilangan penglihatan total”

"Ahli kesehatan mata dapat mendeteksi tanda-tanda awal tekanan darah tinggi dan diabetes hanya dengan melihat bagian belakang mata Anda”

"Penting bagi Anda untuk menemui ahli kesehatan mata Anda secara teratur." Ungkap Dr Bartlett.

Baca Juga: Penting! Olahan Makanan Ini Wajib Dihindari Penderita Tekanan Darah Tinggi

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini