Wujudkan Jantung yang Sehat dengan Melakukan Kebiasaan Berikut Ini

Wujudkan Jantung yang Sehat dengan Melakukan Kebiasaan Berikut Ini Kredit Foto: Pexels/freestocks.org

Seiring bertambahnya usia, kemungkinan terkena masalah kardiovaskular semakin tinggi. Setiap orang bisa terkena penyakit ini, oleh karena itu berusaha mencegahnya adalah salah satu langkah tepat. 

Melansir dari Healthshots, berikut beberapa cara menjaga kesehatan jantung Anda, antara lain: 

1. Konsumsi squalene

Squalene hadir dalam jumlah kecil dalam tubuh manusia. Bayi baru lahir menunjukkan jumlah squalene tertinggi dalam darah mereka, tetapi jumlah ini menurun dengan cepat selama bertahun-tahun. Konsentrasi squalene dalam darah turun drastis antara usia 30 dan 40 tahun. Tapi jangan khawatir, karena zaitun kaya akan squalene.

Baca Juga: Makanan Ini Cocok untuk Pengidap Kolesterol Tinggi karena Mengandung Kadar Lemak yang Rendah

Squalene juga dapat ditemukan dalam minyak yang diekstraksi dari bayam. Squalene memiliki kapasitas untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan pada saat yang sama menurunkan kolesterol jahat (LDL). 

2. Berolahraga secara teratur

Aktivitas fisik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Mulailah melakukan latihan aerobik atau latihan kekuatan yang akan membantu Anda menurunkan berat badan. 

Disarankan untuk memilih aktivitas aerobik seperti jalan cepat atau jogging setidaknya 150 menit seminggu.

Baca Juga: Apakah Penderita Diabetes Bisa Menikah dan Memiliki Anak?

3. Menanamkan kebiasaan makan yang baik

Seseorang harus makan dengan benar untuk menjaga berat badan yang sehat dan memperhatikan asupan kalori Anda. Jadi, untuk menurunkan kalori tanpa mengurangi nutrisi, perhatikan apa yang Anda makan dan minum.

Makan lebih banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian terutama yang kurang diproses dan sarat dengan serat bisa menjadi pilihn sehat. 

4. Lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter 

Dokter perawatan Anda dapat membantu Anda menjadwalkan pemeriksaan rutin. Selama sesi ini, bawa semua obat Anda dan ajukan pertanyaan tentangnya. Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter Anda, jika Anda tidak dapat memahami. 

Baca Juga: Mengapa Mengatur Waktu Makan Penting Bagi Penderita Diabetes?

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini