Ngeri! Ini Kerusakan yang Terjadi pada Gigi Akibat Merokok

Ngeri! Ini Kerusakan yang Terjadi pada Gigi Akibat Merokok Kredit Foto: Republika

Seberapa besar dampak merokok pada kesehatan gigi? Lewat video yang diunggah ke TikTok, dr Maryam Hadian memperlihatkan kerusakan yang ditimbulkan oleh kebiasaan merokok pada gigi.

Dalam video tersebut, gigi pasien dr Hadian tampak bernoda. Bukan kuning, melainkan cokelat tua!

Bagian belakang dari dua gigi bawah depan pasien dr Hadian hampir sepenuhnya tertutup noda cokelat tua. Dilansir laman The Sun, video dr Hadian juga memperlihatkan beberapa gigi menghitam karena membusuk.

Baca Juga: Duh... Paparan Asap Rokok saat Hamil Memicu Risiko Stunting pada Anak

Di video yang sama, tampak ada benjolan kecil di bawah lidah pasien. Namun, dr Hadian yang praktik di Le Chic Dentist di Los Angeles, Amerika Serikat tidak menjelaskan benjolan itu.

Dr Hadian kemudian menggosok gigi pasiennya dengan alat khusus. Bagaimana hasilnya?

Gigi pasien memang terlihat lebih bersih, tetapi tidak kembali putih. Video dr Hadian mendapat lebih dari setengah juta likes. Meski begitu, banyak yang meninggalkan komentar bahwa bukan merokok yang menyebabkan perubahan warna gigi, melainkan jarang menyikatnya.

Baca Juga: Ngeri! Nikotin di Rokok Elektrik Sebabkan Pembekuan Darah

Nikotin dan tar dalam tembakau diketahui dapat membuat gigi menjadi kuning dalam waktu sangat singkat. Perokok berat bahkan dapat melihat gigi mereka menjadi cokelat atau abu-abu setelah bertahun-tahun merokok.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini