Penting! Penderita Diabetes Wajib Waspada Terhadap Risiko Kerusakan Ginjal

Penting! Penderita Diabetes Wajib Waspada Terhadap Risiko Kerusakan Ginjal Kredit Foto: Unsplash/Robina Weermeijer

Diabetes selama ini selalu dikaitkan dengan kerusakan kerja insulin yang menyasar gula darah. Yang jadi masalah adalah tidak bekerjanya insulin secara optimal mengakibatkan organ-organ lainnya ikut terdampak.

Bagi penderita diabetes harus waspada karena kerusakan ginjal memiliki kaitan dengan kondisi diabetes. Bagaimana penjelasannya?

Baca Juga: Apakah Penderita Diabetes Bisa Menikah dan Memiliki Anak?

Melansir laman kesehatan Everyday Health, Diabetes adalah penyebab utama CKD (chronic kidney disease). Sekitar 1 dari 3 orang yang menderita diabetes juga memiliki penyakit ginjal, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Orang dengan diabetes sering mengalami peningkatan kadar gula (glukosa) dalam darah, yang dapat menyebabkan kerusakan pada banyak jaringan dalam tubuh dari waktu ke waktu, termasuk di ginjal.

Unit kerja ginjal, yang disebut nefron, mengandung jaringan pembuluh darah kecil yang menyaring produk limbah dari darah.

Baca Juga: Penelitian: Pasangan yang Sudah Menikah Berbagi Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

“Ketika gula tinggi dalam darah, gula dapat mengikat protein yang berbeda di nefron dan mengubah struktur protein tersebut,” kata Staci Leisman, MD, seorang nephrologist dan profesor kedokteran dan pendidikan kedokteran di Icahn School of Medicine di Gunung Sinai di Kota New York.

Ini dapat membuat nefron kurang efektif dalam menyaring dan menyebabkan protein dalam urin Anda – tanda utama CKD.

Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, mereka tidak dapat melakukan pekerjaan utamanya yaitu menyaring kelebihan cairan dan produk limbah dari darah. Cairan dan limbah yang menumpuk itu kemudian dapat menyebabkan masalah lain, termasuk penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Studi Menyarankan Mengonsumsi 2 Porsi Buah Setiap Hari untuk Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Menurunkan kadar gula darah, yang merupakan tujuan utama manajemen dan pengobatan diabetes, dapat membantu mencegah atau memperlambat kerusakan ginjal.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini