Penting! Ini Alasan Mengapa Penderita Diabetes Perlu Melakukan Vaksinasi Covid-19

Penting! Ini Alasan Mengapa Penderita Diabetes Perlu Melakukan Vaksinasi Covid-19 Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar

Kondisi kronis diabetes memang memaksa orang-orang yang mengidapnya untuk selalu berhati-hati dalam setiap tindakan. Baik makan, minum olahraga, istirahat, dan pengobatan yang dilakukan harus dipertimbangkan sebaik-baiknya lewat saran tenaga kesehatan.

Dalam konteks pandemi Covid-19, penderita diabetes dihadapkan pada situasi menerima vaksin atau tidak. Nyatanya vaksin bisa diberikan kepada pasien dengan keluhan diabetes yang tentunya mendapat pantauan langsung dari tenaga kesehatan.

Baca Juga: Mengapa Mengatur Waktu Makan Penting Bagi Penderita Diabetes?

Berikut informasi mengenai alasan penting mengapa penderita diabetes perlu vaksinasi covid-19 sebagaimana dilansir dari laman kesehatan Everyday Heallth.

Satu hal yang bisa diketahui adalah orang-orang yang mengidap diabetes harus menghadapi situasi yan bisa dikatakan lebih buruk dibanding dengan orang tanpa kondisi diabetes dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Cukup jelas bahwa orang dengan diabetes melakukan jauh lebih buruk daripada orang tanpa diabetes dalam hal hasil mereka dengan COVID,” kata Robert Gabbay, MD, PhD, kepala ilmu pengetahuan dan petugas medis untuk American Diabetes Association (ADA) di Arlington, Virginia.

Di awal pandemi, sebuah studi dari CDC, yang diterbitkan pada Juli 2017 dalam Morbidity and Mortality Weekly Report, menemukan bahwa sekitar setengah dari orang yang meninggal karena COVID-19 di bawah usia 65 tahun menderita diabetes.

Baca Juga: Apakah Penderita Diabetes Bisa Menikah dan Memiliki Anak?

Justin Gregory, MD, asisten profesor pediatri di Rumah Sakit Anak Vanderbilt di Nashville, Tennessee mengatakan bahwa efek perlindungan dari vaksin sangat penting bagi penderita diabetes yang berisiko tinggi terkena infeksi parah dan mematikan dari COVID-19.

Studi Desember 2020 di Diabetes Care menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 3 kali lebih mungkin dirawat di rumah sakit atau mengalami penyakit COVID-19 yang parah dibandingkan dengan orang tanpa diabetes.

Dua penelitian dari Inggris menunjukkan risiko yang sama. Sebuah studi Oktober 2020 di The Lancet Diabetes & Endocrinology menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 berisiko 2 hingga 3 kali lebih mungkin meninggal karena COVID-19 di rumah sakit daripada orang tanpa diabetes.

Baca Juga: Apa Benar Tidur di Pagi Hari Sebabkan Diabetes? Ternyata…

Dan sebuah studi Desember 2020 di The Lancet Diabetes & Endocrinology menemukan bahwa orang dengan tipe 1 atau tipe 2 lebih mungkin meninggal atau dirawat di unit perawatan intensif untuk COVID-19.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini