Bagus untuk Kesehatan Kulit, Makanan Ini Cocok Dikonsumsi karena Mengandung Kolagen

Bagus untuk Kesehatan Kulit, Makanan Ini Cocok Dikonsumsi karena Mengandung Kolagen Kredit Foto: Kementan

Kolagen merupakan protein penting yang diperlukan untuk memperkuat jaringan kulit. Semakin tinggi kolagen maka elastisitas kulit juga makin kenyal, sehingga terlihat awet muda.

Beberapa bahan pangan hewani dipercaya sebagai sumber kolagen terbesar. Di bawah ini 5 makanan yang paling banyak mengandung kolagen. Apa saja? simak ulasannya dilansir dari Hello Sehat.

1. Kaldu tulang

Kaldu tulang termasuk sumber kolagen yang populer. Anda bisa membuatnya dengan merebus tulang ayam atau sapi selama 12 hingga 48 jam. Semakin lama Anda merebus tulang, semakin kaya kandungan kolagen dan rasa dari kaldu yang dihasilkan.

Baca Juga: Makanan Ini Cocok untuk Pengidap Kolesterol Tinggi karena Mengandung Kadar Lemak yang Rendah

Selain kolagen, kaldu tulang juga kaya kalsium, fosfor, magnesium, glukosamin, dan kondroitin. Meski begitu, perlu diingat bahwa kualitas kaldu tulang amat ditentukan oleh tulang dan bahan-bahan tambahan yang Anda gunakan.

2. Ayam

Tahukah Anda bahwa kebanyakan suplemen kolagen dibuat dari ayam? Makanan ini mengandung semua jenis asam amino, yakni zat pembentuk kolagen. Sebagian besar kolagen ayam berasal dari jaringan ikat dan tulang rawannya.

Protein pada daging ayam juga tergolong berkualitas tinggi karena kandungan asam aminonya yang lengkap. Berkat hal ini, banyak ahli menggunakan tulang rawan dan leher ayam sebagai sumber kolagen untuk pengobatan radang sendi.

Baca Juga: Cegah Diabetes, Berikut 3 Minuman yang Bantu Menurunkan Gula Darah

3. Putih telur

Manfaat putih telur sebagai sumber protein memang tak diragukan lagi. Putih telur dari sebutir telur ukuran besar mengandung 6,2 gram protein yang dapat memenuhi sekitar 10% kebutuhan harian Anda.

Putih telur juga mengandung asam amino dan protein yang disebut albumin. Meskipun kandungan kolagen putih telur tidak begitu tinggi, bahan makanan ini kaya akan prolin, yakni asam amino yang tubuh Anda butuhkan untuk membentuk kolagen.

4. Ikan

Ikan mempunyai jaringan ikan dan tulang yang kaya kolagen berkualitas tinggi. Beberapa ahli bahkan meyakini bahwa makanan laut (seafood) mengandung kolagen yang lebih mudah dicerna bila dibandingkan dengan kolagen dari sumber lainnya.

Baca Juga: Penting! Jenis Kopi Terbaik untuk Pengidap Kolesterol Tinggi Adalah...

Meski begitu, perlu diketahui bahwa sebagian besar kolagen ikan terdapat pada kepala, bola mata, dan kulitnya. Jika Anda tidak menyukai bagian-bagian tersebut, Anda bisa tetap mendapatkan asupan kolagen dengan makan daging ikan dan kulitnya.

5. Bawang putih

Bawang putih bukanlah makanan yang mengandung kolagen. Meski begitu, bawang putih kaya akan sulfur (belerang), yakni mineral yang membantu membentuk kolagen dan mencegah pemecahan kolagen di dalam tubuh.

Baca Juga: Meski Menyehatkan, Jangan Terlalu Banyak Mengonsumsi Bawang Putih

Bila Anda ingin menambahkan bawang putih ke dalam masakan sehari-hari, ingatlah untuk memakainya dalam jumlah yang wajar. Bawang putih memang menyehatkan, tapi konsumsi secara berlebihan mungkin bisa memicu sakit perut.(https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/makanan-yang-mengandung-kolagen/)

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini