Catat! Ternyata Ini Kopi yang Cocok untuk Penderita Maag

Catat! Ternyata Ini Kopi yang Cocok untuk Penderita Maag Kredit Foto: Akurat

Meminum kopi tidak selalu menyenangkan bagi sebagian orang, terutama bagi kamu yang memiliki gangguan sistem pencernaan, seperti asam lambung atau maag

Oleh karena itu, orang-orang dengan gangguan ini berusaha mencari solusi untuk bisa menghindari kopi, agar tidak memperburuk kondisi asam lambung mereka. 

Baca Juga: Ngeri! Jika Maag Tak Kunjung Sembuh Perlu Diwaspadai karena Bisa Merujuk pada Penyakit Ini

Oleh sebab itu, berikut ini cara memilih minuman kopi yang setidaknya masih aman bagi penderita maag sehingga peningkatan asam lambung tak terlalu berlebihan, yang dikutip dari berbagai sumber.Pilih jenis kopi dengan kadar asam rendah

Jika kamu memiliki masalah asam lambung tetapi tetap ingin minum kopi, sebaiknya kamu memilih jenis kopi yangkadar asamnya rendah. 

Baca Juga: Penderita Diabetes Wajib Baca! Ternyata 7 Hal Ini Tanpa Disadari Memengaruhi Kadar Gula Darah

Kopi dengan kadar asam rendah cenderung memiliki rasa lebih lembut dibandingkan kopi dengan kada asam lebih tinggi. Biasanya, kadar asam pada kopi bisa diminimalisir dengan memanggang biji kopi dengan sangat lambat. 

Kamu bisa menanyakan rekomendasikan kepada pelayan atau baristanya, minuman kopi apa atau jenis biji kopi apa yang memiliki kadar asam rendah?

Pilih roasting-an dark roast 

Dikutip dari Very Well Health, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa dark roast dapat menurunkan kandungan asam klorogenat dan meningkatkan kandungan senyawa kimia N-methylpyridinium (NMP), dibandingkan dengan medium roast sehingga senyawa kimia NMP yang lebih tinggi, lalu bisa meminimalisir peningkatan asam lambung saat kamu meminum kopiinya.

Baca Juga: Apakah Penderita Diabetes Bisa Menikah dan Memiliki Anak?

Jadi, bagi kamu yang ingin memesan kopi yang lebih aman buat lambung, pesan minuman kopi yang biji kopinya diroast dengan teknik dark roast pada sang barista. 

Pilih kopi cold brew

Cold brew adalah teknik penyeduhan yang dilakukan dengan cara merendam bubuk kopi selama kurang lebih 8 jam. Kopi yang diseduh dengan teknik ini, biasanya lebih ramah di perut karena tidak menyebabkan masalah asam lambung.

Sebab, teknik cold brew dapat membuat kadar asam pada kopi lebih kecil ketimbang teknik lainnya, karena biasanya teknik ini menggunakan air dingin untuk mengekstraksi rasa dari biji kopi. 

Minuman kopi dengan teknik cold brew mengandung kadar asam 70 persen lebih rendah dibandingkan dengan teknik lainnya. Jadi, apabila kamu mendapat rekomendasi cold brew dari baristanya, kamu ikuti saj.

Tambahkan Susu

Susu merupakan salah satu minuman yang baik bagi penderita asam lambung. Oleh karena itu, menambahkan susu pada minuman kopi dapat menjadi alternatif yang aman dalam menikmati kopi. 

Tambahan susu ke dalam minuman kopi dapat membuat kandungan kafein menjadi lebih rendah, dibandingkan minum kopi Ice Americano atau Espresso.

Baca Juga: Penting! Jenis Kopi Terbaik untuk Pengidap Kolesterol Tinggi Adalah...

Namun yang perlu kamu perhatikan, pilih susu rendah lemak seperti susu almond dan susu kedelai, agar kalori tetap terjaga dan aman di perut. 

Pastikan juga Anda tidak memiliki alergi pada produk susu, dan hindari susu yang dapat menyebabkan asam lambung seperti susu dengan lemak yang tinggi.

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini