Jaga Kesehatan dengan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Lewat Minuman Herbal Ini

Jaga Kesehatan dengan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Lewat Minuman Herbal Ini Kredit Foto: Pexels/Tima Miroshnichenko

Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk melawan virus dan infeksi berbagai penyakit, terlebih selama pandemi virus corona Covid-19 seperti sekarang.

Tapi, sistem kekebalan tubuh sering terganggung bila Anda memiliki masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung, penyakit paru-paru, HIV, kanker, lupus dan sebagainya.

Baca Juga: Penting! Penderita Diabetes Wajib Waspada Terhadap Risiko Kerusakan Ginjal

Padahal, sistem kekebalan Anda bisa melindungi tubuh Anda dari penyerang yang berasal dari luar, seperti bakteri, virus, jamur dan racun. Jadi, pada dasarnya bisa melindungi tubuh Anda dari infeksi.

Sistem kekebalan ini berfungsi pada puncaknya ketika Anda merawatnya sebaik mungkin, sama seperti sistem tubuh lainnya, termasuk sistem pencernaan atau sistem pernapasan.

Menurut NHS, dilansir dari Express, berikut ini akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dalam kondisi prima.

Baca Juga: Studi: Efektivitas Vaksin Covid-19 Pfizer Menurun Setelah 6 Bulan

  • Tidak merokok
  • Makan diet tinggi buah dan sayuran
  • Batasi asupan lemak dan gula
  • Olahraga secara teratur
  • Menjaga berat badan yang sehat
  • Tidur nyenyak
  • Sering cuci tangan
  • Mengurangi stres
  • Namun, sekarang ini sudah banyak suplemen atau herbal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meskipun demikian, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa suplemen atau herbal itu bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Walau begitu, NHS Leeds Teaching Hospital yakin bahwa multivitamin bisa membawa manfaat kesehatan jika Anda sedang menjalani diet khusus atau tidak menyukai makanan tertentu.

Baca Juga: Apakah Vaksin Covid-19 Aman untuk Penderita Diabetes?

Untungnya, ada minuman hangat yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Walaupun tak ada satu pun makanan atau minuman yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara signifikan, teh hijau diyakini bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Teh hijau mengandung vitamin B, folat, mangan, potasium, magnesium, kafein dan antioksidan lain yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

"Ada banyak faktor yang berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh sehat, termasuk mengonsumsi makanan kaya antioksidan," kata Kiran Tawadey, pendiri Hampstead Tea.

Baca Juga: Apakah Penderita Diabetes Bisa Menikah dan Memiliki Anak?

Tapi, teh hijau adalah tambahan yang baik dalam asupan harian Anda. Karena, penelitian telah menunjukkan bahwa katekin dalam teh hijau bisa berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Katekin adalah antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel dan memiliki efek perlindungan pada tubuh. Antioksidan ini juga dapat menekan pertumbuhan bakteri di mulut yang dapat menurunkan risiko infeksi.

Karena itulah, teh hijau bisa menyegarkan napas Anda dengan mencegah bakteri mulut.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini