Jangan Sembarangan Cabut Bulu Hidung, Dampak Kesehatannya Bikin Ngeri

Jangan Sembarangan Cabut Bulu Hidung, Dampak Kesehatannya Bikin Ngeri Kredit Foto: Republika

Bulu hidung yang menjulur keluar memang tampak menganggu penampilan. Sebagian orang pun memilih mengatasinya dengan mencabutnya.

Meskipun tidak sedap dipandang, bulu hidung sebaiknya tidak dicabut. Tindakan itu bisa mendatangkan masalah pada otak Anda.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes Tipe 3?

Dalam unggahan di akun Instagram-nya, dr. Karan Raj menyarankan agar orang-orang membiarkan bulu hidungnya. Dia menjelaskan, seseorang memiliki dua jenis bulu hidung, yakni silia mikroskopis yang menyaring lendir dan mengirimkannya ke bagian belakang tenggorokan dan berakhir di perut serta vibrissae yang berukuran besar dan membuat orang ingin mencabutnya.

Bulu hidung ini mencegah partikel besar masuk ke bagian belakang hidung. Apa yang terjadi kalau itu dicabut?

"Jika Anda mencabut bulu ini, kuman di sekitar folikel bisa masuk dan menyebabkan infeksi," kata Raj, dikutip dari The Sun, Selasa (5/10).

Raj mengingatkan, mencabut bulu hidung bisa berakibat besar untuk otak. Alasannya, pembuluh darah yang sama dengan yang membawa darah keluar dari hidung bertemu dengan pembuluh darah yang membawa darah keluar dari otak.

Baca Juga: Penderita Diabetes Bisa Sarapan di Waktu Ini karena...

"Jika kuman berakhir di otak, itu bisa menyebabkan radang otak, kadang-kadang menyebabkan abses otak," ujar Raj.

Sebetulnya, ini termasuk efek samping yang sangat jarang terjadi, Akan tetapi, itu dapat menyebabkan masalah serius bagi orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Amannya, menurut Raj, bulu hidung yang mengganggu digunting, bukan dicabut.

Dokter kulit dan pendiri Visha Skincare, dr Purvisha Patel menjelaskan, ada cara mudah untuk mengatasi bulu hidung. Cukup gunakan gunting kecil kutikula.

"Pakai gunting alis juga bisa untuk memotong ujung bulu hidung yang menjulur keluar lubang hidung," kata Patel.

Baca Juga: Berkaitan dengan Diabetes Tipe 3, Bagaimana Diabetes Memengaruhi Otak?

Jika ingin memangkas lebih dari beberapa helai bulu hidung atau mengatasi bagian yang tumbuh lebih dalam di lubang hidung, Patel mengatakan pemangkas elektrik bisa menjadi pilihan yang baik. Menurut dia, pemangkas elektrik aman, dan bahkan lebih mudah untuk bermanuver daripada gunting.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini