Eng-Ing-Eng, Masalah Kebakaran Kilang Balongan Bisa Berbuntut Panjang

Eng-Ing-Eng, Masalah Kebakaran Kilang Balongan Bisa Berbuntut Panjang Kredit Foto: Okezone

Pengamat Energi dan Peneliti AEPI, Salamuddin Daeng, menilai nama baik PT Pertamina (Persero) akan tercoreng dimata investor global.

Hal ini dikatakan terkait kebakaran kilang Pertamina Balongan yang menelan korban jiwa, puluhan orang sekarat dan 1.000 an keluarga diungsikan.

Menurutnya, hal ini akan berbuntut panjang, bukan soal trauma bagi masyarakat namun menyisahkan masalah hukum bagi Pertamina baik perdata maupun pidana. Baca Juga: Tingkatkan Keandalan Operasi Hulu Migas, Pertamina Perluas Digitalisasi di Sumatera

"Ini akan menjadi pukulan telak bagi Pertamina dihadapan komunitas internasional. Kejadian ini bisa menurunkan peringkat utang dan investasi Pertamina makin dalam." ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/10/2021).

Lanjutnya, masalah yang tidak kalah pelik adalah soal perbuatan pidana dalam masalah ini, meski Pertamina sendiri telah mengeluarkan mengeluarkan alasan bahwa kilang balongan tersambar petir, dan investigasi Polri menyatakan juga tersambar petir. Baca Juga: Adaro Serahkan 65 Konsentrator Oksigen dan 14.000 Paket Vitamin ke Kabupaten Tabalong dan Balangan

"Namun hal ini menghadirkan pertanyaan lain yang jauh lebih penting yakni bagaimana peralatan penangkal petir Pertamina?, Mengapa peralatan penangkal petir begitu rendah kemampuannya menangkal petir?, Bagaimana jika petir itu terjadi lagi, apakah kilang akan kebakaran lagi? Selain itu akan menghadirkan gugatan lain yakni mengapa mereka pertamina membangun kilang di lokasi petir, dan apakah kemungkinan terjadi korupsi dalam pengadaan alat penangkal petir. Seabrek Pertanyaan yang bisa jadi akan berujung pidana." bebernya.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini