Apa yang Terjadi Jika Taiwan Runtuh? Presiden Tsai Ing-wen Bersumpah Bencana Besar...

Apa yang Terjadi Jika Taiwan Runtuh? Presiden Tsai Ing-wen Bersumpah Bencana Besar... Kredit Foto: Reuters

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen memperingatkan "konsekuensi bencana" jika pulau itu jatuh ke China. Dia bersumpah untuk "melakukan apa pun yang diperlukan" untuk menjaga dari ancaman dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada Selasa (5/10/2021).

"Mereka harus ingat bahwa jika Taiwan jatuh, konsekuensinya akan menjadi bencana besar bagi perdamaian regional dan sistem aliansi demokrasi," kata Tsai, dikutip laman Channel News Asia, Rabu (6/10/2021).

Baca Juga: Mendidih! Menhan Taiwan Sampai Bergetar Pantau Manuver China, Ternyata Selama 40 Tahun...

"Ini akan menandakan bahwa dalam kontes nilai global saat ini, otoritarianisme lebih unggul daripada demokrasi," tegas presiden wanita itu.

Taiwan hidup di bawah ancaman invasi terus-menerus oleh China, yang memandang pulau demokrasi yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai wilayahnya yang akan diambil kembali suatu hari nanti, dengan paksa jika perlu.

Tsai memperingatkan kegagalan membela Taiwan akan menjadi "bencana" bagi pulau itu dan wilayah yang lebih luas dalam sebuah artikel yang dia tulis untuk Urusan Luar Negeri yang diterbitkan pada Selasa (5/10/2021).

Presiden Xi Jinping menggambarkan perebutan Taiwan sebagai "tak terelakkan" dan Beijing telah meningkatkan tekanan militer, diplomatik dan ekonomi sejak pemilihan Tsai 2016, karena ia memandang pulau itu sebagai "sudah merdeka" dan bukan bagian dari "satu China".

Hampir 150 pesawat tempur China telah melanggar ADIZ Taiwan sejak Jumat ketika Beijing menandai Hari Nasionalnya dengan unjuk kekuatan udara terbesar saat itu, memenuhi pulau itu dengan 38 pesawat.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini