China 'Culik' Ribuan Orang yang Menentang, Satu Tahun Sudah Jack Ma Tak Kelihatan

China 'Culik' Ribuan Orang yang Menentang, Satu Tahun Sudah Jack Ma Tak Kelihatan Kredit Foto: Antara/Zabur Karuru

Ribuan orang telah diculik oleh otoritas China sebagai bagian dari program rahasia dan jahat untuk 'menghilangkan' mereka yang melanggar rezim.

Tidak peduli seberapa kaya dan berkuasa seseorang, atau seberapa anonim dan low profile mereka, siapa pun yang berani mengkritik Partai Komunis atau tidak mendukung nilai-nilainya dapat menjadi sasaran.

Salah satu korban paling terkenal adalah guru teknologi miliarder Jack Ma, pendiri raksasa Alibaba Group saat berpidato di Bund Summit, Shanghai pada Oktober 2020 lalu, ia menyindir dan menyatakan frustrasi dengan perbankan peraturan.

Baca Juga: Saham Perusahaan Jack Ma Makin Anjlok Berdarah-Darah! Xi Jinping Tega...

Dilansir dari news.co.au di Jakarta, Rabu (6/10/21) setelah itu, Jack Ma dipanggil ke Beijing untuk bertemu dengan pejabat PKC, yang kemudian menghentikan peluncuran IPO fintech Ant Group yang padahal tinggal selangkah lagi menjadi salah satu peluncuran pasar saham terbesar dalam sejarah.

Ma kemudian menghilang, sementara perusahaannya terkena denda miliaran dolar dan secara paksa direstrukturisasi dan diperkecil.

Ketika miliarder itu akhirnya muncul kembali lebih dari tiga bulan kemudian, dalam video singkat yang dirilis oleh PKC, video itu menunjukkan dia di sebuah sekolah pedesaan yang mendukung nilai-nilai amal dan pembangunan bangsa. Ma ia disebut telah "dididik kembali."

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini