Begini Strategi ATW Group Dorong Transisi Energi

Begini Strategi ATW Group Dorong Transisi Energi Kredit Foto: SUNterra

Komisaris Utama ATW Group, Eddie Widiono, menuturkan, meski industri panel surya di Indonesia penuh dengan tantangan, pihaknnya memiliki strategi agar transisi energi di Indonesia dapat berjalan dengan cepat sesuai dengan yang ditargetkan pemerintah, yakni penggunaan EBT sebesar 23 persen pada 2025.

"Strategi yang kami lakukan untuk mengatasi fluktuasi panel surya yang tidak menentu adalah dengan selalu menyediakan stok di gudang kami sehingga akan mempercepat waktu delivery kepada konsumen," ujarnya dalam Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 1,7 MWp Sampoerna Kayoe bersama ATW Group di Jombang, dikutip dari siaran daring di Jakarta, Rabu (6/10/2021).

Baca Juga: Transisi Energi Global Tunjukkan Keniscayaan yang Tidak Dapat Dihindari

Eddie mengatakan terkait dengan ketidakstabilan energi ini, pihaknya melakukan perhitungan, perencanaan, dan desain engineering secara presisi dan teliti. Dengan begitu, energi yang dihasilkan panel surya sepenuhnya diserap oleh konsumen dan tidak terlalu banyak terkirim ke jaringan PLN maupun perusahaan listrik swasta lainnya.

Sementara itu, menyoal tentang keterbatasan sumber daya manusia, disiasati dengan menciptakan program-program ataupun kurikulum untuk institusi-institusi pendidikan nasional seperti Politeknik Jember dan Universitas Prasetiya Mulya (jurusan Renewable Energy).

"Kami terus berusaha untuk menciptakan generasi-generasi baru untuk perkembangan PLTS di masa mendatang," katanya.

Sementara untuk meyakinkan konsumen, lanjut Eddie, sebagai perusahaan lokal yang terintegrasi, pihaknya selalu menjunjung tinggi fleksibilitas. Dengan begitu, dapat memberikan kenyamanan kepada konsumen agar tidak mengkhawatirkan hal-hal yang bersifat krusial maupun tidak menentu.

Selain itu, cara edukasi terus-menerus dilakukan melalui media daring dengan menyasar konsumen rumahan. Adapun solusi yang diberikan dengan melakukan pembayaran dengan cicilan tanpa bunga jangka panjang dengan melibatkan institusi-institusi perbankan.

Saat ini, ATW Group telah bekerja sama dengan sejumlah bank seperti Bank BCA, Bank Permata, Bank INA, dan masih banyak lainnya untuk cicilan 3-5 tahun dengan bunga 0% menggunakan kartu kredit.

"Kami juga melakukan banyak road show di luar Jabodetabek untuk meningkatkan kesadaran dan pengertian masyarakat," pungkasnya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini