Waduh, Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Susu? Ternyata Oh Ternyata...

Waduh, Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Susu? Ternyata Oh Ternyata... Kredit Foto: Unsplash/Anita Jankovic

Penderita diabetes wajib mengelola gula darah mereka dalam skala normal. Hal ini dimaksudkan agar kondisi diabetes tidak semakain parah. Asupan makanan berperan besar dalam kadar gula darah seseorang, sehingga makanan ataupun minuman sehat dan tepat wajib dikonsumsi penderita diabetes.

Salah satu asupan sehat yang sudah dikenal lama oleh orang-orang adalah susu. Susu diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Baca Juga: Catat! Ini Cara Tepat Menangani Luka Diabetes Kering dan Basah

Bagaimana dengan penderita diabetes? Apakah penderita diabetes bisa mengonsumsi susu? Apakah ada dampak yang ditimbulkan?

Melansir laman kesehatan Medical News Today, susu adalah makanan pokok dari banyak diet, tetapi penderita diabetes harus mewaspadai jumlah karbohidratnya yang dapat memengaruhi gula darah. Kandungan karbohidat inilah yang perlu menjadi pertimbangan.

Karbohidrat berbentuk laktosa dalam susu. Laktosa adalah gula alami yang memberikan energi bagi tubuh. Satu porsi 8 ons (oz) susu mengandung 12 gram (g) karbohidrat.

Baca Juga: Ngeri! Ini Efek Konsumsi Makanan Cepat Saji, Bisa Memicu Diabetes?

American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan individualisasi atau perincian kandungan karbohidrat saat makan untuk mendapatkan kadar gula darah yang sehat. 

Memeriksa gula darah Anda sebelum dan sesudah makan dapat membantu Anda mengidentifikasi makanan mana dan dalam jumlah berapa tubuh dan gula darah merespons.

Mulailah dengan 1 atau 2 porsi saat makan, atau 15 hingga 30 g karbohidrat. Namun, banyak faktor yang dapat mengubah jumlah susu yang disarankan. Satu cangkir susu sapi menyediakan 12 gram karbohidrat, yang setara dengan satu porsi.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes Melitus? Apakah Berbeda dengan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2?

Sementara susu sapi menambahkan kalsium ke dalam makanan, dampaknya pada gula darah harus menyebabkan penderita diabetes mempertimbangkan alternatif lainnya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini