Apa Benar Minum Susu Bisa Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2? Jawabannya...

Apa Benar Minum Susu Bisa Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2? Jawabannya... Kredit Foto: Unsplash/mehrshad

Susu tergolong minuman sehat. Terdapat beberapa kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pada kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes, konsumsi susu terutama produk olahan yang telah ditambahkan berbagai macam bahan campuran harus menjadi perhatian karena berisiko menaikkan kadar gula darah.

Tetapi tinjauan lain juga menyebut bahwa mengonsumsi susu sendiri bisa juga mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Bagaimana penjelasannya?

Baca Juga: Waduh, Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Susu? Ternyata Oh Ternyata...

Melansir laman Medical News Today, Sebuah studi 2011 di Journal of Nutrition meneliti 82.000 wanita yang telah selesai menopause dan pada awal penelitian belum menerima diagnosis diabetes. Selama 8 tahun, para peneliti mengukur asupan produk susu, termasuk susu dan yogurt.

Hasil penelitian atau studi itu menyebut bahwa diet tinggi produk susu rendah lemak dikaitkan dengan risiko diabetes yang lebih rendah pada wanita pascamenopause, terutama mereka yang mengalami obesitas.

Studi lain dari 2011, yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, melacak hubungan antara konsumsi susu selama masa remaja dan risiko diabetes tipe 2 sebagai orang dewasa.

Baca Juga: Temuan Baru Menyebut Covid-19 Bisa Sebabkan Hiperglikemia, Picu Diabetes?

Para peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi lebih banyak produk susu selama masa remaja dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

Para peneliti juga menemukan bahwa remaja dengan asupan susu yang lebih tinggi dan prevalensi diabetes yang lebih rendah di kemudian hari juga memiliki asupan minuman manis dan lemak trans yang lebih rendah, beban glikemik yang lebih rendah, dan mengonsumsi lebih sedikit daging merah dan olahan.

Sebuah studi tahun 2014, yang dilakukan oleh para peneliti di Swedia, menemukan bahwa asupan yang lebih tinggi dari produk susu tinggi lemak, termasuk mentega, yogurt, susu, krim, dan keju, dikaitkan dengan risiko diabetes yang lebih rendah.

Baca Juga: Apa Benar Covid-19 Bisa Menyebabkan Diabetes?

Para peneliti memeriksa efek dari lemak jenuh yang berbeda dan menyimpulkan bahwa diet yang kaya akan jenis lemak jenuh yang ditemukan dalam produk susu memiliki efek perlindungan terhadap diabetes tipe 2.

Mereka juga menemukan hubungan antara peningkatan risiko mengembangkan kondisi dan diet kaya lemak jenuh dari daging.

Memilih jenis susu mungkin melibatkan pertimbangan yang berbeda untuk orang yang sudah memiliki diabetes tipe 2. Mereka mungkin lebih fokus pada pengendalian asupan karbohidrat daripada asupan lemak.

Baca Juga: Penting! Penderita Diabetes Wajib Waspada Terhadap Risiko Kerusakan Ginjal

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini