Tidak Boleh Sembarangan! Ini Cara Menentukan Susu Terbaik untuk Penderita Diabetes

Tidak Boleh Sembarangan! Ini Cara Menentukan Susu Terbaik untuk Penderita Diabetes Kredit Foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich

Susu memiliki dua sisi kesehatan bagi penderita diabetes. Sisi negatif apabila konsumsi tidak terkontrol dan produk olahan susu tidak sehat yang mengakibatkan gula darah meningkat, dan juga sisi positif apabila konsumsi susu tepat sasaran dengan segala gizi dan nutrisi yang masih terjaga.

Salah mengambil langkah justru malah menjadi boomerang bagi penderita diabetes yang ingin mengonsumsi susu. 

Baca Juga: Waduh, Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Susu? Ternyata Oh Ternyata...

Lantas bagaimana cara menentukan susu yang baik untuk penderita diabetes? adakah cara-cara tetentu yang bisa membantu menentukkan jenis susu yang bisa dikonsumsi?

Melansir laman keseahtan Medical News Today, Susu "terbaik" untuk penderita diabetes tergantung pada rasa yang mereka sukai, asupan makanan sehari-hari mereka, dan asupan karbohidrat harian mereka secara keseluruhan.

Misalnya, jika seseorang bertujuan untuk mengurangi asupan karbohidrat sebanyak mungkin, susu almond dan rami mengandung hampir nol karbohidrat.

Baca Juga: Ngeri! Ini Efek Konsumsi Makanan Cepat Saji, Bisa Memicu Diabetes?

Semua susu sapi memang mengandung karbohidrat, dan penting bagi penderita diabetes untuk memasukkan ini ke dalam jumlah karbohidrat mereka. Namun, susu skim bisa menjadi pilihan rendah lemak dan rendah kalori bagi orang yang tidak toleran laktosa dan lebih menyukai susu sapi.

Makanan dan minuman rendah lemak seperti susu skim dapat menyebabkan kadar gula darah lebih tinggi karena penyerapan lebih cepat. Oleh karena itu, pemantauan glukosa mungkin berguna untuk menentukan apakah dan jenis susu sapi apa yang terbaik.

Baca Juga: Harap Diperhatikan, Mengonsumsi Banyak Telur Dapat Memicu Risiko Diabetes

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini