Waspada! Ini Dampak yang Ditimbulkan Akibat Konsumsi Parasetamol Berlebihan

Waspada! Ini Dampak yang Ditimbulkan Akibat Konsumsi Parasetamol Berlebihan Kredit Foto: Pexels/Anna Shvets

Peneliti di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Etty Riani mengungkapkan bahaya penggunaan parasetamol secara berlebihan.

Parasetamol, kata Etty, memang menjadi andalan masyarakat karena dianggap bisa menghilangkan demam secara instan.

Tak hanya itu, parasetamol juga mudah ditemukan di warung-warung terdekat. Penggunaan parasetamol pun menjadi tidak terkontrol.

Baca Juga: Harap Tenang, Meski Efektivitas Menurun Setelah 6 Bulan, Vaksin Pfizer Masih...

Menurut Etty, penggunaan parasetamol secara berlebihan bisa mengganggu metabolisme tubuh.

Sebab, parasetamol yang dikonsumsi manusia akan dicerna di usus halus. Kemudian, akan terjadi proses ekskresi atau pembuangan sisa metabolisme di hati. Penggunaan parsetamol dalam jumlah banyak bisa merusak kinerja sel hati.

"Kerusakan hati akan terjadi secara terus-menerus dan terjadi kerusakan hati yang fatal dan ujung-ujungnya mengganggu pencernaan dan metabolisme," kata Etty dalam media briefing secara online, Selasa (5/10).

Baca Juga: Waduh, Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Susu? Ternyata Oh Ternyata...

Bukan hanya merusak hati, lanjut Etty, parasetamol juga merusak lambung karena kandungan yang berlebihan bisa membuat lambung bolong. Hal itu karea mengonsumsi parasetamol berlebihan menimbulkan asam lambung dan berakhir dengan iritasi.

Menanggapi isu temuan pencemaran parasetamol di beberapa titik di teluk Jakarta, Etty menyarankan pembatasan peredaran dan penjualan parasetamol.

"Barangkali, nanti perlu kajian bersama apakah perlu meninjau peredaran penjualan parasetamol karena saat ini merupakan obat bebas," ucap Etty. (mcr9/jpnn)

Baca Juga: Harap Diperhatikan, Mengonsumsi Banyak Telur Dapat Memicu Risiko Diabetes

Lihat Sumber Artikel di JPNN Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini