Selain Menambah Stamina, Ini Manfaat Kesehatan yang Ada pada Ginseng

Selain Menambah Stamina, Ini Manfaat Kesehatan yang Ada pada Ginseng Kredit Foto: Pexels/Tima Miroshnichenko

GenPI.co - Tak cukup hanya dengan olahraga dan istirahat yang cukup, konsumsi makanan sehat turut mempengaruhi keperkasaan pria saat di ranjang.

Menurut Dr. Sanjay Kumawat, Konsultan Psikiater dan Sexolog, faktor utama yang harus diperhatikan pria adalah kandungan gizi yang tepat pada makanan.

Saat ini sudah banyak jenis pengobatan herbal yang diklaim mampu mengatasi berbagai masalah kesuburan. Salah satu yang wajib dikonsumsi adalah suplemen ginseng.

Apa saja manfaat ginseng untuk kesuburan pria. Simak ulasannya dilansir dari Hello Sehat.

1. Menambah stamina dan kepuasan ranjang

Sejak berabad-abad lalu, masyarakat Asia sudah menggali manfaat ginseng untuk menambah energi. Karena itu, ginseng juga dipercaya bisa meningkatkan stamina saat berhubungan jadi lebih nikmat.

Baca Juga: Waduh, Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Susu? Ternyata Oh Ternyata...

Sebuah penelitian dari University of Maryland Medical Center di Amerika Serikat (AS) pernah mencatat bahwa ginseng mungkin saja membangkitkan gairah.

Namun, para peneliti belum mengetahui bagaimana tepatnya ginseng bisa menghasilkan efek tersebut. Cakupan dalam penelitian ini juga sangat terbatas sehingga hasilnya belum bisa dikatakan valid.

2. Mengobati impotensi

Ginseng ternyata belum terbukti ampuh mengobati impotensi. Penelitian oleh para pakar dari Korea Selatan dalam International Journal of Impotence Research menguak bahwa manfaat ginseng untuk memperbaiki kesuburan tidak lebih manjur daripada obat kosong (plasebo).

Penelitian lain dalam Journal of Urology menunjukkan bahwa minum suplemen ginseng tiga kali sehari mampu mengurangi gejala disfungsi.

Baca Juga: Ngeri! Ini Efek Konsumsi Makanan Cepat Saji, Bisa Memicu Diabetes?

Akan tetapi, penelitian ini sifatnya sangat terbatas karena hanya melibatkan total 45 orang peserta penelitian yang mengalami gangguan fungsi ringan hingga sedang.

3. Meningkatkan kesuburan

Para peneliti dari University of Maryland Medical Center di AS melihat bahwa ginseng mampu meningkatkan jumlah dan kualitas sel pada subjek penelitian binatang.

Untuk membuktikan khasiat ginseng buat kesuburan pria, masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada subjek penelitian manusia.(*)

Baca Juga: Harapan Baru! Vaksin Malaria Pertama Diresmikan oleh WHO

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini