Ngeri! Ini Dampak Kesehatan yang Mengintai Jika Anda Sering Duduk Terlalu Lama

Ngeri! Ini Dampak Kesehatan yang Mengintai Jika Anda Sering Duduk Terlalu Lama Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel

Duduk terlalu lama seringkali disebut membawa pengaruh buruk bagi kesehatan. Namun, tak banyak orang yang mengetahui apa saja dampak yang mungkin terjadi akibat duduk terlalu lama.

Kebiasaan duduk terlalu lama tak hanya bisa memicu masalah kesehatan fisik, tetapi juga mental. Berikut ini adalah enam masalah yang mungkin terjadi akibat terbiasa duduk terlalu lama, seperti dilansir WebMD.

Baca Juga: Waduh, Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Susu? Ternyata Oh Ternyata...

Mengganggu Jantung

Sebuah studi pernah membandingkan dua dengan kondisi yang cukup mirip. Salah satu kelompok tersebut terdiri dari partisipan yang berprofesi sebagai sopir angkutan. Sedangkan kelompok lain terdiri dari konduktor atau penjaga.

Kedua kelompok ini memiliki pola makan dan gaya hidup yang serupa. Satu perbedaan signifikan di antara keduanya adalah kelompok pertama menghabiskan banyak waktu mereka dengan duduk, sedangkan kelompok lainnya tidak.

Hasil studi menunjukkan bahwa kelompok pertama, yang terdiri dari sopir angkutan, memiliki risiko penyakit jantung yang lebih besar. Risiko ini bahkan tampak dua kali lipat lebih besar dibandingkan kelompok yang terdiri dari konduktor atau penjaga.

Memperpendek Harapan Hidup

Seorang individu yang sering duduk dalam waktu lama cenderung lebih dini mengalami kematian akibat semua penyebab. Risiko ini bahkan tidak berubah meski individu tersebut berolahraga setiap hari.

Baca Juga: Ngeri! Ini Efek Konsumsi Makanan Cepat Saji, Bisa Memicu Diabetes?

Namun ini bukan alasan untuk menghindari kebiasaan berolahraga. Individu yang terbiasa duduk dalam jangka waktu lama dan tidak berolahraga bisa memiliki harapan hidup yang lebih pendek lagi.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini