Ngeri! Ternyata Oh Ternyata... Hal Tak Terduga Berikut Ini Membahayakan Jantung

Ngeri! Ternyata Oh Ternyata... Hal Tak Terduga Berikut Ini Membahayakan Jantung Kredit Foto: Republika

Mungkin sudah ada banyak orang yang mengetahui bahwa pola makan yang buruk dan kurang olahraga dapat memicu masalah kesehatan jantung. Di samping itu, ada beberapa hal tak terduga yang ternyata juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan jantung.

Setidaknya, ada empat hal yang tampak tak berkaitan dengan kesehatan jantung namun sebenarnya memiliki pengaruh signifikan. Berikut ini adalah keempat hal tersebut, seperti dilansir WebMD.

Masalah Gusi
Orang yang menderita penyakit gusi lebih berisiko terhadap penyakit jantung. Hubungan sebab-akibat di antara keduanya masih belum jelas. Akan tetapi, beberapa ahli menilai bakteri dari gusi bisa berpindah masuk ke aliran darah.
 
 
Bakteri tersebut lalu menyebabkan inflamasi pada pembuluh darah dan mendorong terjadinya masalah kesehatan jantung. Risiko ini dapat dihindari dengan rajin menyikat gigi dan flossing setiap hari. Periksakan juga kesehatan gigi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Kerja Shift
Bekerja di malam hari atau memiliki jam kerja tak teratur dapat meningkatkan risiko serangan jantung menurut sebuah studi dari peneliti Western University. Peneliti mengatakan pola kerja shift memiliki dampak yang buruk bagi jam biologis atau ritme sirkadian tubuh. Dampak inilah yang dinilai peneliti turut membahayakan kesehatan jantung.
 
Baca Juga: Apa Benar Minum Susu Bisa Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2? Jawabannya...

Orang yang bekerja dengan pola shift atau memiliki jam kerja tak teratur perlu melakukan upaya lebih dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Misalnya, dengan olahraga teratur, menjalani pola makan yang seimbang, dan memeriksakan kesehatan diri ke dokter secara rutin.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini