UOB Siapkan Dana S$500 Juta untuk Memperkuat Kemampuan Digital di ASEAN

UOB Siapkan Dana S$500 Juta untuk Memperkuat Kemampuan Digital di ASEAN Kredit Foto: Sufri Yuliardi

UOB mengumumkan akan mengucurkan investasi senilai $500 juta dalam bentuk inisiatif inovasi digital, seiring dengan upaya Bank untuk menambah jumlah nasabah ritel yang dilayaninya melalui platform digital menjadi lebih dari tujuh juta nasabah di seluruh ASEAN pada tahun 2026.

Sebagai bagian dari investasi ini, UOB akan memadukan inovasi bank digital yang dimiliki yakni TMRW dengan skala dan kedalaman produk dari aplikasi seluler UOB Mighty dalam satu platform yakni UOB TMRW. 

Baca Juga: UOB Asset Management Indonesia Gandeng Ajaib, Tawarkan Reksa Dana Obligasi Baru untul Investor Ritel

Seiring dengan pemanfaatan platform digital yang semakin berkembang menyusul adanya pandemi, layanan perbankan melalui digital kini menjadi pilihan utama bagi banyak nasabah UOB. Di Singapura, pemanfaatan saluran pembayaran digital seperti PayNow dan kode QR telah meningkat lebih dari 200 persen, sementara aktivitas setoran dan penarikan tunai fisik menurun lebih dari 30 persen pada tahun 2020. 

UOB adalah bank pertama di kawasan yang mengembangkan model bisnis baru yang berfokus pada keterlibatan atau engagement nasabah pada saat perusahaan meluncurkan TMRW, yakni bank digital pertama di ASEAN di tahun 2019.

UOB mengembangkan TMRW dengan mesin keterlibatan digital berbasis Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligent (AI) yang menggabungkan solusi teknologi keuangan terbaik di kelasnya untuk mengategorikan dan menganalisis volume besar data transaksi secara real time. Mesin keterlibatan digital UOB adalah kekuatan di balik kemampuan Bank untuk mengantisipasi dan menyajikan insight dan solusi yang relevan bagi nasabah berdasarkan pola perbankan mereka. 

Dalam platform UOB TMRW terpadu ini, UOB akan terus berinovasi untuk menghadirkan pengalaman perbankan yang sangat personal dan unik bagi setiap nasabah. UOB adalah bank pertama di Singapura yang meluncurkan insight pribadi berbasis Kecerdasan Buatan pada bulan November 2019.

Hal ini merupakan inovasi yang dipelopori di ASEAN oleh bank digital UOB yang bernama TMRW.  Sejak saat itu, lebih dari 40 juta insight telah disajikan dan diterima dengan baik oleh nasabah di Singapura. Tim TMRW UOB, yang terdiri dari para ahli dari berbagai bidang termasuk teknologi, ilmu perilaku, ilmu data, dan perbankan, akan terus mendorong budaya yang responsif dengan penyempurnaan baru pada aplikasi seluler yang dilakukan setiap beberapa bulan.  

Wee Ee Cheong, Deputy Chairman dan CEO, UOB, menyatakan, “Keterlibatan atau engagement membuat pengalaman perbankan digital UOB berbeda. Sebagai bagian dari strategi kami untuk meningkatkan dan mengkomersialkan kemampuan bank digital kami di seluruh wilayah, hanya dalam dua tahun kami telah berhasil meluncurkan TMRW di Indonesia dan Thailand."

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini