Tolong! Tsai Ing-wen Mulai Teriak Minta Tolong Pihak Internasional Sebelum China...

Tolong! Tsai Ing-wen Mulai Teriak Minta Tolong Pihak Internasional Sebelum China... Kredit Foto: Reuters/Central News Agency

Taiwan akan memastikan perdamaian dan stabilitas regional dan berusaha untuk bekerja dengan negara-negara demokrasi yang berpikiran sama. Presiden Tsai Ing-wen mengatakan hal tersebut kepada pejabat tinggi Prancis dan Australia pada Kamis (7/10/2021).

Berbicara di kantor kepresidenan kepada para senator Prancis, yang dipimpin oleh mantan menteri pertahanan Alain Richard, Tsai berterima kasih kepada Prancis atas keprihatinannya tentang situasi di Selat Taiwan dan dukungan untuk partisipasi internasionalnya.

Baca Juga: Mendadak Senator Prancis Tiba di Taiwan, Bakal Urus Masalah Pelik dengan China

"Kami akan terus memenuhi tanggung jawab kami sebagai anggota komunitas internasional untuk memastikan perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik. Kami juga berharap dapat memberikan lebih banyak kontribusi kepada dunia bersama dengan Prancis," katanya, dilansir Reuters.

Perjalanan oleh empat senator Prancis dan mantan perdana menteri Australia Tony Abbott terjadi setelah empat hari berturut-turut, mulai Jumat (1/10/2021) lalu, dari serangan massal angkatan udara China ke zona pertahanan udara Taiwan, langkah-langkah yang mendapat perhatian dari Washington dan sekutunya.

Taiwan yang diperintah secara demokratis telah mencari dukungan dari negara demokrasi lain, terutama Amerika Serikat dan sekutunya, di tengah meningkatnya tekanan militer dan politik dari China, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri.

Richard membahas "kontribusi penting Taiwan di bidang penting kemajuan manusia" tetapi tidak menyebutkan meningkatnya ketegangan militer dengan China dalam sambutannya yang disiarkan langsung di halaman Facebook kantor kepresidenan.

Tsai memberikan pesan serupa dalam sambutannya kemudian kepada Abbott, yang mengatakan kepadanya bahwa dia berada di Taiwan untuk membantu mengakhiri isolasi internasionalnya, memuji demokrasi dan penanganan pandemi COVID-19.

"Tentu saja tidak semua orang dan tidak semua tempat senang dengan kemajuan Taiwan, dan saya mencatat bahwa Taiwan hampir setiap hari ditantang oleh tetangga raksasanya," kata Abbott.

Para senator Prancis tiba di Taiwan pada hari Rabu, meskipun ada keberatan kuat dari China yang selalu marah dengan kunjungan pejabat asing.

Richard, kepala Grup Persahabatan Taiwan Senat Prancis, adalah menteri pertahanan negara itu dari 1997 hingga 2002 di bawah Presiden Jacques Chirac.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini