Ngeri! Anda Mengalami Sakit Gusi? Wajib Waspada karena Bisa Merujuk pada Penyakit Kronis Ini

Ngeri! Anda Mengalami Sakit Gusi? Wajib Waspada karena Bisa Merujuk pada Penyakit Kronis Ini Kredit Foto: Pexels/Pavel Danilyuk

Kesehatan mulut sangatlah penting bagi tubuh. Jadi awal masuk sistem pencernaan, komponen-komponen yang ada di mulut seperti lidah, gigi, dan gusi harus terjaga agar asupan-asupan nutrisi lewat makanan dan minuman bisa tersalurkan dengan baik. 

Pernahkah anda mengalami masalah mulut? Gigi anda atau gusi ada? kedua hal tersebut sangatlah menyulitkaan ketika terjadi. Tetapi Anda mungkin haus lebih waspada karena sakit pada gusi dikaitkan dengan kondisi kesehatan kronis yakni Alzheimer. Bagaimana bisa?

Baca Juga: Varian Delta Menyebabkan Infeksi Parah Bagi Ibu Hamil Khususnya yang Tidak Melakukan Vaksinasi

Melansir laman Express (6/10/21), Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa bakteri yang menyebabkan penyakit gusi mungkin merupakan prekursor demensia.

Penyebab penyakit gusi adalah bakteri P.Gingivalis, yang dapat dihilangkan dengan menyikat gigi dua kali sehari atau flossing secara teratur.

Jika plak mulai termineralisasi, maka akan berubah menjadi karang gigi, yang mendorong pertumbuhan lebih banyak plak menuju akar gigi.

Ini masih dapat dihilangkan menggunakan sikat gigi pada umumnya tetapi dalam beberapa kasus mungkin memerlukan bantuan dari profesional kesehatan.

Baca Juga: Ngeri! Kesehatan Bisa Terancam Jika Megonsumsi Vitamin D Berlebihan, Hal Ini karena…

Satu studi terhadap 59 peserta menemukan bahwa orang yang memiliki penyakit gusi mengalami penurunan kemampuan memori enam kali lebih cepat daripada mereka yang tidak.

Berbicara tentang hasilnya, dokter Doug Brown mengatakan bahwa temuan studi ini menambahkan bukti bahwa penyakit gusi berpotensi menjadi faktor penyebab Alzheimer. Meskipun demikian menurut dia masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk meyakinkan hal ini.

“Jika ini terbukti, kebersihan gigi yang lebih baik akan menawarkan cara untuk membantu memperlambat perkembangan demensia dan memungkinkan orang untuk tetap mandiri lebih lama.” Ucap Brown.

Baca Juga: Sedih... Covid-19 Belum Usai, Penyakit Ini Disebut Bisa Munculkan Pandemi yang Lebih Dahsyat

Efek kausal diduga karena penyakit gusi yang meningkatkan antibodi yang menangkis bakteri, yang pada gilirannya meningkatkan jumlah molekul inflamasi di sekitar tubuh.

Penting untuk dicatat, bagaimanapun, bahwa tidak semua kasus periodontitis menyebabkan Alzheimer.

Institut Kesehatan dan Perawatan Nasional Inggris menyarankan untuk mengunjungi dokter gigi Anda dengan interval mulai dari tiga bulan hingga dua tahun - tergantung pada kondisi gigi Anda.

Bukti yang mengkonfirmasi hubungan antara respons peradangan tubuh dan penurunan kognitif menunjukkan perawatan di masa depan untuk mengobati satu kondisi juga dapat membantu yang lain.

Baca Juga: Apakah Boleh Penderita Diabetes Melakukan Karate? Ternyata Olahraga Bela Diri…

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini