Catat! Ini Ancaman Risiko Kesehatan yang Mengerikan Hanya karena Sering Minum Sambil Berdiri

Catat! Ini Ancaman Risiko Kesehatan yang Mengerikan Hanya karena Sering Minum Sambil Berdiri Kredit Foto: Unsplash/Nigel Msipa

Meningkatkan daya tahan tubuh bisa dimulai dengan memenuhi asupan mineral dalam tubuh. Namun, posisi minum pun juga harus diperhatikan.

Minum sambil berdiri rupanya tidak baik bagi kesehatan lantaran menimbulkan risiko penyakit mematikan.

Dilansir dari Healthy Guide, menurut catatan medis, minum air dengan posisi berdiri dapat menyentuh bagian bawah esofagus, yang pada gilirannya melukai sfingter yakni otot yang menghubungkan kerongkongan ke lambung.

Baca Juga: Ternyata Oh Ternyata, Mager Adalah Penyebab Penyakit...

Tak hanya itu, ternyata ada gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh minum air sambil berdiri. Apa saja?

1. Kerusakan Ginjal

Ketika minum air sambil berdiri, air tidak disaring dengan benar oleh ginjal. Produk limbah kemudian masuk ke kandung kemih dan bercampur dengan darah, yang menyebabkan kerusakan ginjal.

Namun, jika sistem ini berlanjut akhirnya bisa menyebabkan gagal ginjal dan karena itu, akhirnya kematian.

2. Arthritis 

Salah satu kerusakan yang paling terkenal yang disebabkan oleh minum air di posisi yang salah adalah radang sendi.

Baca Juga: Ngeri! Kesehatan Bisa Terancam Jika Megonsumsi Vitamin D Berlebihan, Hal Ini karena…

Ketika minum air sambil berdiri, umumnya cenderung mengganggu keseimbangan cairan lain dalam tubuh, menyebabkan kekurangan cairan yang dibutuhkan dalam sendi. Ini menyebabkan terlalu banyak akumulasi cairan di sendi, memicu arthritis.

3. Saraf Tidak Tenang 

Saat duduk dan minum air, sistem parasimpatis bekerja yang pada dasarnya memungkinkan indera untuk menjadi tenang dan sistem pencernaan mengalir dengan mudah, dibandingkan dengan posisi berdiri, yang menempatkan tubuh dalam mode bertarung atau lari dan menyebabkan ketegangan saraf di tubuh.(*)

Baca Juga: Apakah Boleh Penderita Diabetes Melakukan Karate? Ternyata Olahraga Bela Diri…

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini