Apa Itu Business Plan?

Apa Itu Business Plan? Kredit Foto: Freepik

Business plan adalah dokumen tertulis yang menjelaskan secara rinci bagaimana sebuah bisnis menentukan tujuan, dan cara mencapai tujuannya. Business plan menjelaskan dan menuliskan roadmap untuk perusahaan dari sudut pandang pemasaran, keuangan, dan operasional.

Business plan (rencana bisnis) sangat penting untuk menarik investasi sebelum perusahaan memiliki rekam jejak yang terbukti. Business plan juga merupakan cara untuk perusahaan menjaga agar tetap pada target ke depan.

Meski business plan sangat berguna untuk bisnis baru, namun pada dasarnya setiap perusahaan harus memiliki business plan. Idealnya, rencana tersebut ditinjau dan diperbarui secara berkala untuk melihat apakah tujuan telah tercapai atau telah berubah dan berkembang. 

Baca Juga: Apa Itu Malaria?

Terkadang, business plan baru dibuat untuk bisnis mapan yang telah memutuskan untuk bergerak ke arah yang baru.

Business plan menjadi dasar dokumen bagi startup sebelum memulai operasi. Bank dan perusahaan modal ventura memang sering menjadikan penulisan rencana bisnis yang layak sebagai prasyarat sebelum mempertimbangkan untuk menyediakan modal untuk bisnis baru.

Ini karena beroperasi tanpa rencana bisnis biasanya bukanlah ide yang baik. Faktanya, sangat sedikit perusahaan yang mampu bertahan lama tanpanya. Pasti ada lebih banyak manfaat untuk membuat dan berpegang pada rencana bisnis yang baik, termasuk dapat memikirkan ide-ide tanpa memasukkan terlalu banyak uang ke dalamnya.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini