Sumber Pendapatan Keluarga Hanya Dari Satu Orang Saja? Ini Solusi Dari Maybank

Sumber Pendapatan Keluarga Hanya Dari Satu Orang Saja? Ini Solusi Dari Maybank Kredit Foto: Maybank

Single-income family atau keluarga yang memiliki tulang punggung tunggal merupakan hal yang biasa ditemukan dalam kehidupan berkeluarga.

Sama halnya dengan cost of living yang meningkat setiap tahunnya, dan merupakan suatu tantangan tersendiri bagi keluarga yang mengandalkan hanya pada satu sumber pendapatan saja, terutama pada keluarga muda yang baru saja memulai kehidupan berkeluarga.

Baca Juga: Maybank Hadirkan Solusi Keuangan Cerdas Lewat Produk ini

Namun demikian, berdasarkan sebuah studi yang dirilis pada bulan Maret 2021 oleh SMERU Research Institute, sebuah riset dan studi kebijakan publik yang berkolaborasi dengan United Nation Development Programme, UNICEF, serta Kemitraan Australia-Indonesia untuk Pembangunan Ekonomi, mencatat bahwa sekitar 74,3% rumah tangga Indonesia mengalami penurunan pendapatan.  

Jika ditelaah lebih lanjut, proporsi rumah tangga dengan penurunan pendapatan lebih besar adalah rumah tangga dengan tanggungan anak di kawasan perkotaan, dengan penurunan sebesar 78,3%.

Dalam paparan serupa, salah satu ukuran kesejahteraan ditentukan dari tingkat pengeluaran rumah tangga per kapita yang dapat menggambarkan secara gamblang daya beli rumah tangga sesungguhnya.

Secara nasional, studi ini menemukan bahwa secara rata-rata, pengeluaran seluruh rumah tangga mengalami penurunan sebesar -2,3%  atau dengan penurunan pengeluaran median -3,1%. hal ini menggambarkan adanya upaya pengetatan keuangan dalam penyesuaian gaya hidup agar kebutuhan pokok dapat terus terpenuhi dengan baik.

Melihat fenomena ini Maybank membuat inovasi Tabungan U Jawaban untuk Wujudkan Aspirasi Single Income Family Sebagai pencari nafkah tunggal, tentunya kewajiban menjaga kesejahteraan keluarga adalah komitmen paling utama, dimana mengelola pendapatan menjadi aspek yang terpenting agar mampu memberikan hasil yang optimal. Kondisi ini menjadi salah satu alasan PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. untuk meluncurkan Maybank Tabungan U.

Head of Consumer, Maybank Indonesia, Sukiwan mengatakan Tabungan U merupakan produk tabungan dari manifestasi misi utama Bank, Humanising Financial Services, menyediakan solusi tabungan yang dapat mengakomodasi dan memfasilitasi seluruh kebutuhan keuangan sehari-hari yang dapat diakses dengan mudah secara digital melalui aplikasi M2U ID.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini