Politik Filipina Panas, Wapres Leni Robredo Bakal Jadi Capres buat Jegal Klan Duterte

Politik Filipina Panas, Wapres Leni Robredo Bakal Jadi Capres buat Jegal Klan Duterte Kredit Foto: Reuters/Lisa Marie David

Akhirnya, Wakil Presiden Filipina Maria Leonor "Leni" Robredo mendaftarkan diri sebagai Capres dalam Pilpres 2022, Kamis (7/10/2021). Aktivis HAM itu bersemangat mencalonkan diri. Dia meyakini, bila oposisi bersatu, bakal mampu menjegal klan Rodrigo Duterte dan kebangkitan keluarga mantan diktator Marcos.

Robredo mendaftarkan pen­calonannya, kemarin, ditemani dua putrinya, Aika dan Tricia, dan pengacara pemilihannya, Romulo Macalintal. Sementara putri bungsunya Jillian, tidak ikut, karena sedang studi di New York, Amerika Serikat.

Baca Juga: Alasan Petinju Kondang Filipina Berani Maju Jadi Capres: Apa Anda Pernah Kelaparan?

Robredo (56) mengincar jabatan tertinggi di negara itu sebagai kandidat independen, meski dia tetap sebagai ketua kubu opisisi, Partai Liberal (LP). Dilansir laman media Filipina, Rappler, pendaftaran Robredo merupakan kepastian yang sudah ditunggu-tunggu saingannya. Dia meres­mikan pencalonannya, hanya be­berapa jam usai mengumumkan pencalonannya.

Dalam pidatonya, Robredo mengatakan, pertimbangannya maju adalah ingin mengakhiri korupsi, dan budaya kekerasan di bawah rezim Duterte. Selain itu, dia juga ingin menghalangi kembalinya keluarga mendi­ang diktator Ferdinand Marcos ke Malacanang. Karena putra Marcos, Ferdinand Marcos, Jr alias mantan senator Bongbong Marcos, juga ikut mencalonkan diri sebagai presiden.

“Bagi Robredo, hanya oposisi bersatu, yang memiliki peluang memblokir kekuasaan Duterte yang diperpanjang dan kemung­kinan terpilihnya Bongbong Marcos jadi presiden,” dikutip Rappler.

Inilah sebabnya mengapa Ro­bredo bersusah payah bertemu dengan calon presiden lainnya, dalam upaya membangun koalisi oposisi yang lebih besar pada 2022. Di antaranya, dengan Wali Kota Manila, Isko Moreno dan Senator Manny Pacquiao dan Panfilo Lacson.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini