Punya 4 Barang Ini, Kamu Bisa Nikmati Sekaligus Berinvestasi Lho!

Punya 4 Barang Ini, Kamu Bisa Nikmati Sekaligus Berinvestasi Lho! Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Memulai investasi bagi seorang pemula harus mengerti hitungan yang paten, seperti tahu cara menganalisis suatu instrumen atau bisa membaca pergerakan pasar. Iya, mungkin itu akan menjadi suatu hal yang rumit sehingga bisa mengurungkan niat seseorang untuk berinvestasi.

Meski demikian, siapa sangka ternyata tanpa mengetahui hal-hal detail tersebut, kalau kita punya lima jenis barang ini maka cukup tahu merek dan tipe maka sudah bisa dibilang kita sedang berinvestasi sekaligus menikmatinya lho. Apa saja sih barang tersebut?

Baca Juga: Investasi di Pasar Modal Makin Digemari Milenial, Ini Buktinya

1. Lukisan/Barang Seni

Sebagian besar dari kita mungkin sudah mengetahuinya, lukisan merupakan instrumen alternatif yang bisa dijadikan sebagai barang koleksi untuk dinikmati keindahannya sekaligus bisa kembali dijual dengan harga cukup tinggi. Soal harga sangat tergantung dengan reputasi pelukis dan komunitasnya.

Sebut saja lukisan terkenal karya Leonardo Da Vinci yang pada tahun 2017 lalu terjual seharga Rp6,12 triliun oleh sebuah rumah lelang Sotheby's.

2. Tas

Kalau ini investasi menarik bagi kaum hawa. Selain bisa dipakai untuk menghadiri acara-acara khusus, berkelas, atau pun bergengsi, tas-tas sekelas Gucci, Hermes, Dior, Chanel, Louis Vuitton, juga kerap kali dijadikan sebagai instrumen investasi.

Pasalnya, sebuah survei dari Baghunter melaporkan bahwa laju investasi tas ini bisa dua kali lipat melebihi kenaikan instrumen investasi emas dalam kurun waktu 10 tahun.

3. Mainan (Diecast/Action Figure)

Yang ini juga tidak bisa dianggap remeh sebagai instrumen investasi apabila kita tahu pasarnya karena contohnya saja diecast milik Hot Wheels bisa dibanderol cukup mahal seperti Hot Wheels Pink, Rear keluaran tahun 1969 yang terjual seharga Rp2,45 miliar. Cukup yakin kan, mainan sebagai instrumen investasi?

4. Sepatu

Sepatu bukanlah barang baru untuk berinvestasi khususnya di kalangan generasi milenial, dengan hypenya tren hypebeast sepatu-sepatu seakan menemukan kelasnya tersendiri seperti sepatu Air Jordan hasil kolaborasi Nike dengan Michael Jordan di tahun 1985 yang laku seharga Rp8 pada tahun 2020 lalu. Well, seperti kita berinvestasi pada pasar saham ya keuntungannya.

So, buat pemula yang sedang belajar berinvestasi pada instrumen investasi keuangan tentu tidak rugi juga jika kita memulai berinvestasi pada barang-barang yang dalam tanda kutip bisa dijadikan investasi juga. Di sisi lain kita bisa menggunakan dan menikmati barang-barang tersebut.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini