Bukan Duet Prabowo-Puan, Pengamat: Prabowo-Ganjar Cocok

Bukan Duet Prabowo-Puan, Pengamat: Prabowo-Ganjar Cocok Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Bukan duet dengan Ketua DPR RI Puan Maharani, pengamat mengusulkan Prabowo Subianto berduet dengan Ganjar Pranowo.

Pengamat Politik Adi Prayitno menilai, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bila maju bersama pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 memiliki peluang lebih unggul.

"Kalau bicara Prabowo berpasangan dengan Ganjar tentu cocok. Namun, bila dilihat potensi kuat atau tidak tentu berdasarkan hasil lembaga survei," jelas Adi kepada GenPI.co, di Jakarta, Kamis (7/10).

Baca Juga: NasDem Mau Usung Ganjar atau Anies, Harus Hati-Hati Ya!

Adi memberikan alasan atas opininya, bahwa Prabowo-Ganjar harus melalui survei kecocokan. Dari hasil survei baru bisa dilihat apakah keduanya bisa lebih unggul dari pasangan lain atau tidak.

"Bila melihat elektabilitas Prabowo dan Ganjar tentu keduanya sama-sama kuat, kedua orang ini memiliki bekal yang sama, bekal popularitas dan elektabilitas," tuturnya.

Dia menjelaskan, bahwa terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Bila calon tidak populer dan tak memiliki elektabilitas maka akan sangat sulit untuk memenangkan pertarungan.

"Kalau dua orang ini berkoalisi, bagus, mantap. Tinggal bagaimana menstimulasi lawannya, apakah kuat atau tidak, dan seterusnya," jelasnya.

Selain itu, Adi menilai bahwa sampai saat ini Prabowo memiliki tugas yang harus dituntaskan, yakni menaikan elektabilitasnya di angka 30 persen-40 persen, sebagai syarat aman karena pernah maju pemilu sebanyak dua kali.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini