Apakah Penyakit Kencing Manis Sama dengan Diabetes?

Apakah Penyakit Kencing Manis Sama dengan Diabetes? Kredit Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Diabetes yang melahirkan dampak atau kondisi turunan yang beraneka ragam seringkali memunculkan istilah-istilah lainnya. Sebut saja diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, pra diabetes, dll. 

Ada satu istilah yang merujuk pada penyakit yang umum dikenal sebagai penyakit kencing manis. Tapi tak jarang penyakit ini juga dikaitkan dengan diabetes.

Baca Juga: Harap Diperhatikan, Mengonsumsi Banyak Telur Dapat Memicu Risiko Diabetes

Sebenarnya apakah kencing manis sama dengan diabetes? bagaimana penjelasannya?

Ya benar, kencing manis adalah istilah lain dari kondisi diabetes yang merujuk pada yakni kondisi di mana insulin tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah. 

Menurut WHO (World Health Organization) diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkannya.

Istilah kencing manis bisa ada mungkin karena merujuk pada kondisi gula darah seseorang penderita diabetes yang tidak normal (tinggi-rendah) yang mana ikut serta memengaruhi aktivitas buang air kecil (kencing) seseorang. 

Baca Juga: Apa Saja Faktor Penyebab Penyakit Diabetes Melitus?

Mengutip wartaekonomi.co.id yang melansir laman keseahtan Healthline, Insulin adalah hormon yang menarik glukosa atau gula ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi. Hal ini dapat mengakibatkan kadar gula darah yang sangat tinggi.

Terlalu banyak gula dalam darah Anda sangat membebani ginjal, yang bekerja untuk memproses gula itu. Ketika ginjal tidak bekerja dengan baik, sebagian besar glukosa dikeluarkan dari tubuh melalui urin Anda.

Proses ini juga mengeluarkan cairan hidrasi yang berharga dari tubuh Anda, sering kali membuat penderita diabetes sering buang air kecil dan juga dehidrasi.

Baca Juga: Tanda Hitam dan Gelap di Kulit Merujuk pada Kondisi Diabetes? Mungkin Itu Acanthosis Nigricans

Sejak awal, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda buang air kecil lebih sering dari biasanya. Namun, salah satu tanda peringatan utama adalah jika sering buang air kecil mulai membangunkan Anda dari tidur dan menghabiskan tingkat energi Anda.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini