Penting! Penderita Diabetes Merasakan Sakit di Seluruh Badan? Mungkin Ini Penyebabnya

Penting! Penderita Diabetes Merasakan Sakit di Seluruh Badan? Mungkin Ini Penyebabnya Kredit Foto: Pexels/cottonbro

Menurut WHO (World Health Organization) diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkannya. 

Jika seseorang memiliki kadar glukosa darah tinggi terlalu sering, dan mereka tidak menerima pengobatan, itu dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan.

Baca Juga: Harap Tenang, Meski Efektivitas Menurun Setelah 6 Bulan, Vaksin Pfizer Masih...

Kondisi diabetes atau diabetes melitus ini umum diketahui melahirkan dampak turunan atau komplikasi lanjutan pada tubuh penderitanya. Tak sedikit komplikasi atau dampak turunan tersebut memiliki nama tersendiri sesuai dengan gejala yang ditimbulkan. 

Salah satu dampak yang umum diderita penderita diabetes adalah merasakan rasa sakit di beberapa atau bahkan seluruh bagian tubuh (Otot, sendi, lengan, kaki, dll). Mengapa hal itu bisa terjadi?

Melansir laman MedicineNet, pasien dengan diabetes melitus dapat mengembangkan kontraktur jari dan anggota badan sebagai akibat dari penebalan jaringan lunak di daerah ini. Hal ini dapat menyebabkan pengecilan otot karena tidak digunakan. Ini disebut sebagai atrofi.

Diabetes melitus sangat berperan besar pada aterosklerosis yang mengganggu sirkulasi ke banyak jaringan tubuh. Ketika otot-otot tungkai terpengaruh, penurunan aliran darah dapat menyebabkan kram dan nyeri saat berjalan (penyakit pembuluh darah perifer yang menyebabkan klaudikasio). 

Baca Juga: Waduh... Efek Samping Covid-19 Ini Kerap Terjadi, Covid Toe Adalah...

Dalam kondisi kasus yang lebih buruk, hal ini dapat menyebabkan kematian (infark) pada area otot yang terlokalisasi. Hal ini ditandai dengan nyeri lokal di daerah yang terlibat.

Tes darah dapat menunjukkan peningkatan enzim otot (creatine phosphokinase (CPK) and aldolase). Ketika otot jantung dipengaruhi oleh aterosklerosis tersebut, dapat menyebabkan serangan jantung.

Diabetes melitus juga dapat merusak saraf yang mensuplai tangan dan kaki. Hal ini dapat menyebabkan suplai saraf yang tidak memadai dan pengecilan otot lebih lanjut.

Orang dengan diabetes mellitus yang berlangsung lama dapat mengalami nyeri, dan otot berkedut, selain pengecilan otot pada otot di sekitar bahu dan pinggul (limb girdle wasting). Kondisi ini disebut sebagai amyotrofi diabetik.

Baca Juga: Tanda Hitam dan Gelap di Kulit Merujuk pada Kondisi Diabetes? Mungkin Itu Acanthosis Nigricans

Jika Anda termasuk penderita diabetes dan mulai merasakan rasa sakit di banyak bagian tubuh, sangat disaranakan untuk segera mengunjungi tenaga kesehatan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut serta pemeriksaan lanjutan. Hal ini untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan aman. 

Meta tags: Salah satu dampak yang umum diderita penderita diabetes adalah merasakan rasa sakit di seluruh bagian tubuh. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Baca Juga: Apa Saja Faktor Penyebab Penyakit Diabetes Melitus?

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini