Ya Allah, Jusuf Kalla Bongkar Bakal Ada Bencana Maha Dashyat yang Mengantam Indonesia

Ya Allah, Jusuf Kalla Bongkar Bakal Ada Bencana Maha Dashyat yang Mengantam Indonesia Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Peringatan ini disampaikan mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK). Ia mengatakan kalau pandemi Covid-19 sebagai salah satu bencana terbesar yang pernah melanda Indonesia.

Namun, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu memperingatkan kalau akan muncul bencana lebih besar lagi setelah Covid-19. Oleh sebab itu, ia meminta PMI siat menghadapi potensi bencana dahsyat yang akan terjadi itu.

Hal itu disampaikan oleh JK dalam acara pelantikan Pengurus PMI DIY masa bakti 2021-2026 di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Sabtu 9 Oktober 2021.

"Hari ini kita selalu mendengarkan bagaimana dahsyatnya Covid-19, tetapi kata para ahli akan muncul bencana yang lebih besar lagi, yaitu perubahan cuaca atau perubahan iklim," ujarnya, Minggu (10/10/2021).

Baca Juga: JK Sebut Kriminalisasi Ulama Meningkat, Orang Istana Langsung Koreksi, Salah! Yang Ada...

Dia mengatakan bencana akibat perubahan iklim, seperti banjir, telah melanda sejumlah negara di benua Eropa, Amerika Serikat, Asia, dan Afrika. Maka, Indonesia mau tak mau harus bersiap-siap.

"Banjir, gempa bumi, dan bahaya-bahaya dari perubahan alam. Karena itulah di samping kita mengatasi masalah Covid-19 ini kita juga harus siap mengatasi bencana-bencana alam selanjutnya apabila ada," ujarnya.

Lebih jauh, JK menambahkan, PMI selalu berusaha bekerja dengan baik dan secepat-cepatnya membantu masyarakat sesuai prinsip kemanusiaan tanpa mempunyai batasan diskriminatif.

Baca Juga: Anak-Anak di Afghanistan Terancam, Ferdinand Senggol JK dan Rektor Pro Anies, Semoga Mau Bantu..

Selain memberikan pertolongan, menurutnya, para relawan PMI juga perlu hadir untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat mengenai upaya memperbaiki lingkungan.

"Harus juga memberikan mitigasi kepada masyarakat serta memberikan penjelasan kepada masyarakat, memberikan bantuan informasi kepada masyarakat. Karena hanya dengan bantuan itu kita dapat mencegah bahaya yang lebih besar," tegasnya.

Baca Juga: Buzzer Kurang Wawasan, Catat Omongan Rizal Ramli: SBY Dipecat Mega, JK Dipecat Gus Dur!

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini