Bagaimana Cara Menjaga Bentuk Tubuh di Usia 50?

Bagaimana Cara Menjaga Bentuk Tubuh di Usia 50? Kredit Foto: Republika

Memasuki usia lanjut mungkin melahirkan asumsi merawat tubuh tak lagi penting. Padahal, tidak ada kata 'terlalu tua' untuk mengubah fisik, salah satunya saat memasuki usia 50 tahun. Pasalnya, tubuh manusia masih mampu menurunkan berat badan pada usia 55 tahun. 

Menurut pakar, ada sejumlah alasan mengapa orang lebih tua mungkin mengabaikan penurunan berat badan. Misalnya, mereka merasa tidak mampu lagi untuk diet dan olahraga.

“Mereka punya kesalahpahaman tentang berkurangnya kemampuan mereka untuk menurunkan berat badan melalui modifikasi diet dan peningkatan olahraga," kata penulis utama studi Dr Thomas Barber dari Warwick University Medical School, dilansir Eat This, Sabtu (9/10).

Baca Juga: Penderita Diabetes Wajib Baca! Optimalkan Usaha Penurunan Gula Darah dengan Olahraga Ini

Untungnya, ada beberapa cara untuk mempertahankan bentuk tubuh setelah usia 50 tahun selain diet dan olahraga. Berikut lima cara terbaik yang dapat dilakukan.

1. Tetapkan tujuan pribadi yang realistis

Hanya diri sendiri yang tahu kebutuhan, serta keterbatasan tubuh. Satu studi yang diterbitkan di JAMA Cardiology menunjukkan bahwa menetapkan tujuan atas kesehatan tubuh sendiri dapat membantu orang dewasa yang lebih tua berolahraga lebih banyak secara konsisten.

"Individu yang memilih tujuan mereka sendiri lebih mungkin secara intrinsik termotivasi untuk menindaklanjutinya," kata Kevin Volpp, MD, PhD, direktur Pusat Insentif Kesehatan dan Ekonomi Perilaku di University of Pennsylvania. 

Baca Juga: Apakah Boleh Penderita Diabetes Melakukan Karate? Ternyata Olahraga Bela Diri…

2. Berolahraga 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Obesity melaporkan bahwa menerima banyak dukungan sosial dari orang yang dicintai dapat membantu mendorong pencapaian penurunan berat badan yang lebih konsisten. Proyek penelitian lain yang diterbitkan dalam International Journal of Technology Assessment in Health Care menemukan bahwa berolahraga dalam kelompok yang tepat juga dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. 

3. Konsistensi

Penelitian yang dirilis Physiological Society menunjukkan pentingnya olahraga teratur bagi orang dewasa yang lebih tua dalam hal penurunan berat badan dan pemeliharaan otot. Tetap aktif dapat membantu meminimalkan kehilangan otot terkait usia.

Baca Juga: Sperma Baik untuk Kesehatan Kulit, Benar atau Salah? Ternyata...

Penulis penelitian mengumpulkan sekelompok 21 orang dewasa yang lebih tua, di mana mereka telah secara konsisten mendapatkan setidaknya 10.000 langkah per hari. Untuk penelitian ini, peserta diinstruksikan untuk mengurangi jalan kaki mereka menjadi hanya 1.500 langkah setiap hari selama dua minggu penuh. Setelah hanya 14 hari mengurangi aktivitas fisik, subjek mendapatkan berat badan yang signifikan di sekitar pinggang mereka dan kehilangan sejumlah besar massa otot.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini