Ini 2 Alasan Mengapa Oatmeal Dikatakan Jadi Menu Sarapan Paling Sehat

Ini 2 Alasan Mengapa Oatmeal Dikatakan Jadi Menu Sarapan Paling Sehat Kredit Foto: Republika

Oatmeal menjadi salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia, dan biasa disantap saat sarapan. Makanan yang terbuat dari oat (Avena sativa) ini bisa membantu meredakan peradangan, mengurangi kolesterol dan menekan nafsu makan sehingga cocok dikonsumsi kala diet.

Ahli Nutrisi dari AS, Laura Burak mengatakan bahwa oatmeal merupakan salah satu makanan sarapan paling sehat. Apalagi jika oatmeal disajikan dengan beberapa topping sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian atau rempah.

Baca Juga: Sperma Baik untuk Kesehatan Kulit, Benar atau Salah? Ternyata...

“Anda juga bisa menambahkan beberapa protein dan lemak sehat seperti selai kacang, yogurt, atau bahkan telur untuk melengkapi asupan dan membuat Anda lebih kenyang,” kata Burak.

Adapun terkait manfaat kesehatan dari oatmeal, Burak mengungkap dua manfaat kesehatan dominan dari oatmeal. Berikut penjelasannya seperti dilansir dari Eat This, Jumat (8/10).

1. Oatmeal bertindak sebagai prebiotik

Salah satu alasan mengapa oatmeal sangat sehat untuk dikonsumsi adalah karena oatmeal bertindak sebagai prebiotik, yang membantu menjaga keseimbangan mikrobioma dalam tubuh.

“Prebiotik adalah makanan yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik di usus atau dikenal sebagai probiotik,” kata Burak.

Baca Juga: Masih Memiliki Risiko, Lansia yang Belum Vaksinasi Harus Disegerakan

Ahli Nutrisi dari AS, Tammy Lakatos Shames menambahkan, ketika prebiotik masuk dalam tubuh, itu kemudian difermentasi dan berubah menjadi makanan yang dikonsumsi probiotik. Proses ini membantu meningkatkan pencernaan, membangun kekebalan yang lebih kuat dan mencegah peradangan.

2. Oatmeal kaya serat

Oatmeal juga kaya akan serat. Lebih khusus lagi, oatmeal mengandung kedua jenis serat yaitu larut dan tidak larut. Masing-masing jenis serat ini penting bagi kesehatan tubuh.

Menurut Harvard School of Public Health, serat larut larut dalam air dan dapat membantu tubuh mengelola glukosa sambil menurunkan kadar kolesterol. Sementara serat tidak larut bisa membantu memperlancar saluran pencernaan.

Burak menjelaskan, serat bisa menstabilkan kadar gula darah, membuat kenyang lebih lama dan membantu menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga: Bahaya! Jika Menemukan Tanda Ini pada Tubuh Anda saat Buang Air, Segera Temui Dokter karena...

“Serat dalam oatmeal berperan dalam memperlancar saluran pencernaan. Hal ini tentu saja membuat buang air besar lancar dan teratur," kata Burak.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini