Kisah AnjaniTrip Kembangkan Bisnis Traveling di Bajo

Kisah AnjaniTrip Kembangkan Bisnis Traveling di Bajo Kredit Foto:

Industri pariwisata merupakan peluang bisnis sangat menjanjikan. Sebagai negara tropis, Indonesia menyimpan jutaan kekayaan alam yang tidak dimiliki oleh negara mana pun. Alamnya begitu indah.

Bagi sebagian kalangan menganggap bahwa berwisata atau berlibur sudah menjadi sebuah kebutuhan setelah sepekan melepas kepeneatan aktivitas yang cukup padat. Apa lagi para kaum muda atau milineal, beriwisata merupakan cara mereka untuk melepas rindu dan sekedar untuk mengikat persahabatan. 

Berwisata bukan sesuatu yang asing lagi. Bahkan sudah menjadi kebutuhan dan juga melekat sebagai gaya hidup. Oleh karena itu, perusahaan jasa travel tumbuh subur.

Mereka memberikan kemudahan dan pelayanan maksimal, sehingga para wisatawan tidak perlu khawatir ketika mau berwisata meski belum pernah kesana.

Salah satunya AnjaniTrip. AnjaniTrip adalah tur operator di bidang jasa travel milik perusahaan teknologi PT. Karya Anjani Nusantara, yang beroperasi di wisata cantik Indonesia dan berpusat di Labuan Bajo, Komodo, NTT. 

AnjaniTrip merupakan travel agent yang sudah berpengalaman. AnjaniTrip berdiri sejak tahun 2016, yang lingkupnya untuk memenuhi kebutuhan liburan masyarakat yang ingin menikmati keindahan alam Indonesia.

Pendiri AnjaniTrip, Rachmat Julio mengungkapkan, awal mula berdirinya perusahaan tersebut sebelumnya bernama MattsJourney pada 2015 dan beroperasi di Bali dan Lombok.

"AnjaniTrip sebenarnya telah berdiri sejak tahun 2015. Dulunya masih bernama MattsJourney. Kami memulai bisnis wisata dilingkup pulau Bali dan Lombok, NTB," kata Julio.

Suami Ayu Anjani, artis kolosal pemeran Lasmini itu menceritakan, berawal dari kecintaannya terhadap alam, seperti pantai dan gunung. Dia mulai membuka peruntungan dengan menjadi agen tur opentrip di Gunung Rinjani dan Gili Trawangan, Lombok. 

Di tahun 2016, selang setahun, Ia mencoba memperluas lingkup tur wisatanya ke Indonesia bagian Timur. Saat itu ia mencoba melakukan solo tur ke pulau Komodo,Labuan Bajo, Manggarai Barat - NTT.

"Setibanya di sana, saya langsung jatuh cinta dengan keindahannya. Lalu saya putuskan untuk memperluas jangkauan bisnis saya ke pulau Komodo dan mengganti namanya menjadi AnjaniTrip," kenangnya.

Nama AnjaniTrip diambil karena kecintaannya terhadap Gunung Rinjani di NTB. Secara bersamaan, dia tengah pacaran dengan Ayu Anjani. 

Pada tahun 2017, mereka memutuskan untuk pindah ke kota Labuan Bajo. Di sana mereka mulai membuat kapal pertama mereka di Sape, sekitar 6 jam perjalanan dari Labuan Bajo ke Sape menggunakan kapal ferry. 

"Kapal pertama kami berinama Putri Anjani dan pertama kali beroperasi di bulan november 2017," ingatnya.

Berkat kegigihan dia dalam mengembangkan usahnya itu. Kini pasangan muda itu sudah memiliki empat unit kapal Phinisi mewah. Sebagai penyedia jasa, AnjaniTrip mengutamakan pelayanan dan kenyamanan. Karena itu, AnjaniTrip jadi rekomendasi para artis papan atas.

"Kapal Phinisi Lexxy itu kami ambil dari nama anak perempuan saya. Jadi namanya cocok. Kapal ini salah sudah banyak digunakan para artis-artis seperti Ayu Ting Ting, Anang Ashanty, Awkarin dan lainnya," sebutnya. 

AnjaniTrip menawarkan layanan paket wisata open trip dan private, pribadi atau perusahaan dengan Kapal Phinisi, tur dan juga menyediakan paket hotel dan tiket pesawat.

Selain agent travel dan punya empat unit kapal Phinisi, pasangan juda ini juga merambah bisnis property di Labuan Bajo. Ia mengaku, saat ini total jumlah karyawannya mencapai 40 orang. Hampir 70 persen menggunakan warga setempat.

"Alhamdulillah bisa sedikit membantu mereka untu berpenghasilan. Sekarang sudah 40 orang karyawan dan mayoritas warga setempat," pungkasnya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini