Dulu Jualan Sabun dari Pintu ke Pintu, Tak Sangka Pria Ini Jadi Miliarder Berharta Rp59 Triliun!

Dulu Jualan Sabun dari Pintu ke Pintu, Tak Sangka Pria Ini Jadi Miliarder Berharta Rp59 Triliun! Kredit Foto: Twitter/Livemint

Miliarder pebisnis deterjen India, Karsanbhai Patel, yang terkenal melalui perusahaannya bernama Nirma, telah menempatkan taruhan besar pada sektor yang sangat kompetitif yaitu semen. Unit semen grup yang bernama Nuvoco Vistas inidijalankan oleh putra keduanya yakni Hiren Patel.

Perusahaan itu baru saja IPO pada bulan Agustus dan berhasil mengumpulkan 50 miliar rupee (Rp9,4 triliun). Hasil penjualan ini akan digunakan untuk memperluas kapasitas tahunan Nuvoco saat ini sebesar 22 juta ton kali 2 juta ton.

Nirma melakukan diversifikasi ke semen pada tahun 2014 dan membangun Nuvoco menjadi pembuat semen terbesar kelima di India berdasarkan kapasitas yang sebagian melalui akuisisi.

Baca Juga: Hebat! Hartanya Rp80 Triliun, Miliarder China Ini Kaya Raya Berkat Investasi!

Pada tahun 2016, perusahaan mengakuisisi aset India dari pembuat semen Prancis Lafarge dengan nilai perusahaan sebesar USD1,4 miliar (Rp19 triliun) dan kemudian membeli Emami Cement yang berbasis di Kolkata tahun lalu dengan harga sekitar USD780 juta (Rp11 triliun). 

Nuvoco menghadapi pesaing kelas berat seperti pemimpin pasar Ultratech yang ukurannya empat kali lipat dan dimiliki oleh miliarder Kumar Birla; serta Semen Shree, yang dikendalikan oleh miliarder Kolkata Benu Gopal Bangur.

Namun, Patel tidak gentar dengan pertempuran pasar. Dia sudah berpengalaman dengan memulai pada tahun 1969 membuat deterjen di halaman belakang rumahnya. Saat itu, dahulu ia menjualnya dari rumah ke rumah dengan sepeda, hingga sukses merebut pangsa pasar dari raksasa Procter & Gamble dan Unilever dengan Nirma murahnya. 

Patel pun mengambil alih Nirma secara pribadi pada tahun 2012 dan telah menyerahkan kendali kepada generasi berikutnya. Forbes melihat kekayaan bersihnya naik 11% menjadi USD4,2 miliar (Rp59 triliun).

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini