Penuhi Standar Keamanan, Pupuk Kaltim Raih Klasifikasi Gold Sistem Manajemen Pengamanan Obvitnas

Penuhi Standar Keamanan, Pupuk Kaltim Raih Klasifikasi Gold Sistem Manajemen Pengamanan Obvitnas Kredit Foto: Pupuk Kaltim

Sistem Manajemen Pengamanan (SMP) PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) meraih klasifikasi Gold, berdasarkan audit tim Auditor Sistem Manajemen Pengamanan Objek Vital Nasional (SMP Obvitnas) Mabes Polri di seluruh kawasan Perusahaan.

Implementasi SMP Pupuk Kaltim dinilai sangat baik, sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Sistem Manajemen Pengamanan, tindaklanjut Keputusan Presiden Nomor 63 Tahun 2004 tentang pengamanan Obvitnas.

Ketua Tim Auditor SMP Obvitnas Mabes Polri Kombes Pol. Juni Duarsah, mengungkapkan sistem manajemen pengamanan Pupuk Kaltim telah memenuhi standar Obvitnas berdasarkan hasil audit, dengan skor 96,27. Audit bersifat final, dengan memastikan seluruh hasil verifikasi sebelumnya tidak memiliki temuan baru dalam mengantisipasi serta mengeliminasi potensi risiko dan gangguan yang bisa saja terjadi.

Baca Juga: Pupuk Kaltim Borong Tiga Penghargaan TOP GRC Award Sekaligus

“Secara keseluruhan implementasi SMP di Pupuk Kaltim sangat baik dan luar biasa, sehingga berhak mendapatkan klasifikasi Gold,” ujar Juni Duarsah, saat penyampaian hasil audit di Hotel Grand Equator, pada Kamis (7/10).

Dirinya mengimbau seluruh personel dan unit kerja terkait dapat terus meningkatkan kinerja pengamanan Pupuk Kaltim, agar operasional Perusahaan semakin optimal serta mampu memberikan kontribusi yang lebih besar bagi bangsa dan negara.

Klasifikasi Gold pun diharap dapat meningkatkan kepercayaan konsumen di dalam dan luar negeri terhadap Pupuk Kaltim, termasuk respon positif para investor hingga pengamat keamanan nasional. “Terus tingkatkan pengamanan di Pupuk Kaltim, karena obvitnas perlu dijaga kelangsungannya,” pesan Juni Duarsah.

SVP Umum Pupuk Kaltim Ardi Harto Mulyo, mengungkapkan aspek pengamanan merupakan prioritas utama Pupuk Kaltim, guna menjaga operasional Perusahaan tetap berjalan dengan baik dan lancar.

“Implementasi SMP sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2019 juga menjadi bukti komitmen Pupuk Kaltim dalam mencapai kinerja pengamanan secara optimal di lingkungan Perusahaan,” terang Ardi.

Baca Juga: Pupuk Kaltim Tingkatkan Daya Saing Batik Lokal Melalui SNI

Dijelaskannya, program yang dijalankan Pupuk kaltim terkait implementasi SMP berupa penerapan Electronic Security System (ESS), yang sangat membantu kegiatan pengamanan Perusahaan.

Lalu Command Center sebagai pusat komando piket selama 24 jam, mengikuti perkembangan teknologi yang berguna untuk pengembangan sistem pengamanan secara kontinyu, serta melakukan program peningkatan kompetensi anggota satuan pengamanan, agar memiliki wawasan luas terkait tugas dan tanggungjawab yang dijalankan.

“Pupuk Kaltim juga melakukan kegiatan yang menunjang kinerja anggota satuan pengamanan, seperti pelatihan dan training. Selain itu juga meningkatkan kepedulian seluruh insan Pupuk Kaltim dengan memberikan kesadaran bahwa keamanan menjadi tugas kita bersama,” papar Ardi.

Dirinya menekankan profesionalitas pengelolaan seluruh sistem manajemen di Perusahaan, menjadi salah satu kunci keberhasilan Pupuk Kaltim meningkatkan kinerja di segala bidang. Selain itu, perbaikan dan inovasi berkelanjutan juga terus dikembangkan Pupuk Kaltim, sehingga mampu menjadi Perusahaan terdepan yang terjamin keamanannya. “Pupuk Kaltim berkomitmen untuk meningkatkan kinerja dalam bidang keamanan dari berbagai potensi ancaman serta gangguan,” pungkas Ardi.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini