Prabowo Jawara Survei Pilpres 2024, Tapi Tren Angkanya Menurun, Ternyata Karena Ini...

Prabowo Jawara Survei Pilpres 2024, Tapi Tren Angkanya Menurun, Ternyata Karena Ini... Kredit Foto: GenPI

Akademisi politik Kacung Marijan memberikan pendapatnya terkait survei SMRC yang menyatakan bahwa Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan memiliki elektabilitas tertinggi pada Pilpres 2024.

Menurut Kacung, Prabowo memiliki elektabilitas tinggi karena belum pernah menjadi presiden dan masih memiliki pendukung yang cukup kuat.

Baca Juga: Deddy Corbuzier dengan Cepat Langsung Hormat ke Prabowo Setelah...

“Namun, trennya adalah nilai elektabilitas Prabowo di beberapa survei itu sudah agak menurun,” ujar Kacung Marijan kepada GenPI.co, Minggu (10/10).

Kacung mengatakan bahwa setiap pemilu akan muncul kepala daerah atau pejabat publik berprestasi sebagai tokoh baru yang ikut bertarung.

“Ada tiga kepala daerah potensial untuk ikut Pilpres 2024, yaitu Ganjar, Anies, dan Ridwan Kamil. Namun, Ridwan Kamil ini angkanya belum naik-naik,” katanya.

Pengajar di Universitas Airlangga itu memaparkan bahwa ada saluran dari pemilih sebelumnya ke beberapa tokoh tersebut.

Menurutnya, pemilih Joko Widodo (Jokowi) akhirnya akan beralih mendukung Ganjar Pranowo untuk pemilu selanjutnya.

“Sementara itu, pemilu Prabowo sendiri juga ada yang sebagian ke Anies. Itulah yang membuat nilai dukungan kepada Prabowo cenderung turun,” paparnya.

Kacung menduga hasil survei hari ini tak akan berbeda jauh dengan kondisi beberapa tahun mendatang sebelum Pilpres 2024.

“Ganjar sama Anies itu sudah pasti menduduki peringkat atas, apalagi ini dukunganya secara personal, belum ditambah kerja mesin partai politik,” ungkap Kacung.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini