Sampoerna Dorong UMKM Gali Potensi Pemasaran Digital

Sampoerna Dorong UMKM Gali Potensi Pemasaran Digital Kredit Foto:

Rangkaian kegiatan Semangat dan Aksi Perempuan Andalan (SAPA) Untuk Indonesia untuk memajukan sektor UMKM utamanya terkait peranan perempuan terus berlanjut.

Salah satunya dengan menggelar webinar bertajuk UMKM Perempuan Go Digital. Webinar dibuka dengan sambutan oleh Direktur PT HM Sampoerna Tbk. Elvira Lianita dan Menteri Koordinator Perekonomian Bapak Airlangga Hartarto.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan, peran perempuan dalam UMKM di Indonesia sangat besar.

Dari sekitar 65 juta unit UMKM yang ada di Indonesia, jika dilihat berdasarkan usahanya, 34% usaha menengah dijalankan perempuan. Kemudian 50,6% usaha kecil dan 52,9% usaha mikro juga dijalankan oleh perempuan.

Selain itu, ia menyebutkan pentingnya transformasi digital untuk membangkitkan UMKM. Mengutip riset dari Temasek dan Google, Teten menyebutkan besarnya potensi ekonomi digital Indonesia.

“Ekonomi digital Indonesia di 2025 diproyeksikan akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dengan nilai transaksi mencapai Rp 1.826 triliun,” ucapnya.

Sementara itu Direktur PT HM Sampoerna Tbk. Elvira Lianita menambahkan webinar ini menghadirkan regulator, pelaku usaha, dan juga pelaku UMKM untuk membahas tantangan dan kesempatan untuk memajukan UMKM dan peranan perempuan di Indonesia.

Ia menilai potensi dari pemberdayaan UMKM, khususnya perempuan, dinilai dapat berperan besar dan dapat membawa multiplier effect kepada perekonomian.

Digitalisasi menjadi salah satu solusi pemberdayaan untuk membangkitkan daya saing dan menyiasati kondisi pandemi, namun juga dibutuhkan kerja sama antar pihak untuk dapat merealisasikan potensi tersebut,”Kata Elvira.

Ia pun berharap melalui SAPA dapat menjadi platform untuk memberikan UMKM keterampilan praktis agar mereka bisa tetap produktif dan berdaya saing di tengah pukulan pandemi Covid-19.

Turut hadir dalam diskusi SAPA Untuk Indonesia adalah Menteri Kelautan dan Perikanan 2014-2019 Ibu Susi Pudjiastuti, Ketua Umum IWAPI Ibu Nita Yudi, Deputi IV Kemenko Perekonomian Bapak Rudy Salahuddin, Perwakilan dari Tokopedia dan Bukalapak, para pemilik UMKM binaan Sampoerna Entrepreneurship Training Center dan Sampoerna Retail Community, serta pembicara menarik lainnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan 2014-2019 Ibu Susi Pudjiastuti menilai memajukan peran perempuan di perekonomian memerlukan peran aktif para perempuan untuk saling menyemangati.

Menurutnya, ada banyak tanggung jawab yang bergantung di pundak perempuan dari urusan keluarga, rumah tangga, hingga bisnis. "Kita yang sudah berdaya atau sudah punya kemampuan harus jangan malas memprovokasi perempuan lainnya untuk ikut berdaya," tuturnya.

Menutup webinar, Sampoerna mengumumkan empat pemenang kompetisi digital SAPA. Keempat pemenang telah dipilih oleh dewan juri berdasarkan kriteria product knowledge (pemahaman produk) yang mencakup deskripsi produk/jasa, harga, serta informasi akses ke barang atau layanan yang ditawarkan; dan kreativitas dari pelaku UMKM dalam mengemas informasi

Juara satu kompetisi adalah Vera Damayanti, pemilik usaha Kopi Lelet Cangkir, UMKM asal Rembang Jawa Tengah yang telah berdiri sejak 1982. Dengan tagline “Nikmatnya Beda, Aromanya Berasa”.

UMKM @littlepalmerco milik Miranti menjadi juara kedua. Sementara, juara ketiga adalah @mrart.paint milik Siti Masruroh yang menawarkan phyrografi, seni lukis yang unik. Terakhir, ada Febri Yunarta, pengusaha kerajinan @creabush_indonesia sebagai juara keempat.

Keempat pemenang tadi mendapatkan hadiah utama berupa modal usaha dengan total nilai mencapai Rp 25.000.000 dan laptop.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini