Penting! Cegah Anak Tersedak Makanan-Mainan dengan Melakukan Cara Ini

Penting! Cegah Anak Tersedak Makanan-Mainan dengan Melakukan Cara Ini Kredit Foto: Republika

Dokter spesialias anak, dr Endah Citraresmi, SpA(K), mengingatkan orang tua untuk mengawasi anaknya yang masih kecil dari risiko tersedak. Anak dapat tersedak karena makanan berukuran kecil, misalnya permen, kacang tanah, dan anggur.

"Meskipun lembek, namun karena bentuknya bulat dan luarnya kulitnya cukup alot, anggur mudah membuat tersedak," ujar dokter spesialis anak dari Program Studi S3 Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Baca Juga: Bahaya! Jika Menemukan Tanda Ini pada Tubuh Anda saat Buang Air, Segera Temui Dokter karena...

Selain akibat makanan, dr Endah mengatakan, anak juga bisa tersedak benda kecil, misalnya mainan atau koin. Benda itu masuk ke saluran napas atau tenggorokan lalu menyumbat saluran napas sehingga udara tidak bisa masuk ke dalam paru.

Untuk mencegah tersedak, dr Endah menyarankan sebaiknya orang tua membiasakan anak makan sambil duduk. Selain itu, berikan makanan dengan tekstur sesuai usia.

Pada bayi enam sampai sembilan bulan makanan dibuat puree atau dilumatkan. Pada bayi sembilan sampai 12 bulan, makanan bisa dicincang kasar.

Sementara itu, bayi di atas 12 bulan sudah bisa mengunyah dan karenanya bisa dihidangkan makanan lembek. Lalu, anak usia di atas tiga tahun mampu mengunyah makanan kecil sehingga dapat diberikan makanan yang sudah dimasak empuk, dipotong kecil (misalnya sosis, anggur, dan sayur), dicincang halus, atau dilumatkan.

Baca Juga: Wajib Tahu! Bukan Hanya Satu Jenis, Diabetes Insipidus Ternyata…

"Jangan lupa, saat anak makan, orang tua sebaiknya mengawasi," ujarnya dalam acara webinar tentang Mengatasi Kegawatdaruratan di Rumah, dikutip Sabtu (9/10).

Untuk menghindari tersedak mainan, dr Endah menyarankan sebaiknya orang tua tidak memberikan mainan dalam bentuk kecil kepada batita. Ia merekomendasikan agar memilihkan mainan sesuai usia anak.

Baca Juga: Sperma Baik untuk Kesehatan Kulit, Benar atau Salah? Ternyata...

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini