Kenapa Penderita Diabetes Mengalami Penurunan Berat Badan Tanpa Adanya Usaha?

Kenapa Penderita Diabetes Mengalami Penurunan Berat Badan Tanpa Adanya Usaha? Kredit Foto: Pexels/SHVETS production

Menurunkan berat badan dari kondisi obesitas adalah hal yang baik untuk kesehatan. Dengan penerapan pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi dan berolahraga, berat badan yang ideal bisa terwujud.

Kondisi penyakit kronis diabetes juga bisa dicegah dengan tetap mempertahankan berat badan yang ideal serta menjaga asupan makanan dan minuman dalam tubuh. Tetapi bagi penderita diabetes, penurunan berat badan terkadang mengindikasikan kondisi tertentu terlebih jika terjadi tanpa adanya usaha. 

Baca Juga: Penting! Penderita Diabetes Merasakan Sakit di Seluruh Badan? Mungkin Ini Penyebabnya

Lantas mengapa penderita diabetes kerap mengalami penurunan berat badan tanpa adanya usaha?

Melansir laman kesehatan MedicineNet, sementara penurunan berat badan yang disengaja (olahraga, diet, dsj) pada penderita diabetes biasanya merupakan hal yang baik, maka penurunan berat badan yang tidak disengaja tidak termasuk dalam kategori baik untuk penderita diabetes.

Jika gula darah sangat tinggi, penderita diabetes cenderung banyak buang air kecil, dan ini mengakibatkan dehidrasi sebagai kemungkinan penyebab penurunan berat badan. Juga, kerusakan otot dapat terjadi jika gula terlalu tinggi, menyebabkan penurunan berat badan yang tidak sehat. 

Baca Juga: Bahaya! Jika Menemukan Tanda Ini pada Tubuh Anda saat Buang Air, Segera Temui Dokter karena...

Sebenarnya, banyak pasien diabetes datang untuk pertama kalinya ke dokter mereka karena penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Selain diabetes, ada penyebab lain yang mengkhawatirkan penurunan berat badan tak terduga yang harus dieksplorasi seperti penyakit tiroid dan kanker.

Singkatnya, upaya yang diawasi untuk menurunkan berat badan pada orang yang dapat berolahraga tanpa risiko biasanya bermanfaat. Namun dalam kasus tertentu seperti jika gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah atau jika ada penyakit jantung, itu bisa berbahaya.

Inilah sebabnya mengapa semua program latihan dan penurunan berat badan harus dimulai hanya setelah berdiskusi dengan dokter. 

Baca Juga: Apakah Penyakit Kencing Manis Sama dengan Diabetes?

Setiap penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, pada pasien dengan atau tanpa diabetes yang diketahui mungkin merupakan tanda gula darah tinggi atau penyakit serius lainnya. Sangat penting untuk menemui dokter dan menjalani evaluasi lengkap dalam kasus ini.

Selalu utamakan kunjungi tenaga kesehatan jika anda termasuk pendeita diabets dan mengalami penurunan berat badan tanpa sebab. Hal ini untuk mendapat penjelasan lajutan dan penanganan yang tepat dan aman atas kondisi diabetes Anda. 

Baca Juga: Berbahaya? Ini Efek Samping Booster Vaksin Covid-19 Pfizer, Ternyata…

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini