Waspada! Ahli Mengingatkan ‘Twindemic’ yang Mungkin Lebih Berbahaya

Waspada! Ahli Mengingatkan ‘Twindemic’ yang Mungkin Lebih Berbahaya Kredit Foto: Ist

Di tengah gencarnya usaha vaksinasi di seluruh belahan dunia, kini ada ancaman baru dengan istilah ‘twindemic’. Twindemic ini adalah istilah yang merujuk pada Covid-19 dan Flu yang diperkirakan akan bersamaan menyebar pada musim dingin tahun ini. 

Melansir laman Sky News (10/10/21), Jenny Harries, chief executive of the UK Health Security Agency (UKHSA), memperingatkan bahwa mungkin ada beberapa jenis flu menjelang musim dingin yang tidak menentu.

Baca Juga: Berbahaya? Ini Efek Samping Booster Vaksin Covid-19 Pfizer, Ternyata…

Berbicara kepada Trevor Phillips dari Sky pada hari Minggu, dia mengatakan apa yang berbeda tahun ini adalah bahwa COVID dan flu bersirkulasi bersama - yang meningkatkan risiko penyakit serius dan kematian.

"Kita harus khawatir tentang flu setiap musim dingin. Saya pikir orang masih tidak menyadari itu bisa menjadi penyakit yang fatal. Studi terbaru menunjukkan bahwa sekitar 25% dari kita tidak 'tidak benar-benar mengerti itu. Rata-rata, selama lima tahun terakhir, sekitar 11.000 orang telah meninggal karena kondisi terkait flu.” Ucap Harries.

"Tetapi saya pikir hal yang penting tentang musim dingin ini adalah, kita kemungkinan besar akan melihat flu, untuk pertama kalinya dalam jumlah nyata, yang bersirkulasi bersama dengan COVID."

Baca Juga: Penting! Penderita Diabetes Merasakan Sakit di Seluruh Badan? Mungkin Ini Penyebabnya

Harries mengatakan mungkin saat ini orang akan melihat "flu multi-strain" musim dingin ini setelah kasus flu turun ke tingkat terendah secara historis selama pandemi.

Dirinya juga menambahkan bahwa UKHSA saat ini memiliki susunan yang cukup besar di kotak peralatan mereka untuk menyerang (flu) mana yang menjadi dominan.

Peneliti dari Public Health Dynamics Laboratory mengatakan mengingat penyebaran influenza yang terbatas pada populasi umum AS tahun lalu, penelitian kami menunjukkan bahwa AS dapat melihat epidemi flu yang besar musim ini. Dipasangkan dengan ancaman Delta yang sangat menular, varian ini dapat mengakibatkan kombinasi berbahaya dari penyakit menular, atau "twindemic".

Baca Juga: Bahaya! Jika Menemukan Tanda Ini pada Tubuh Anda saat Buang Air, Segera Temui Dokter karena...

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini