Oh... Ini Ternyata Alasan Mengapa Sayuran Sangat Baik untuk Penderita Diabetes

Oh... Ini Ternyata Alasan Mengapa Sayuran Sangat Baik untuk Penderita Diabetes Kredit Foto: Kementan

Penderita diabetes wajib mengelola gula darah mereka dalam skala normal. Hal ini dimaksudkan agar kondisi diabetes tidak semakain parah. Asupan makanan berperan besar dalam kadar gula darah seseorang, sehingga makanan ataupun minuman sehat dan tepat wajib dikonsumsi penderita diabetes.

Sayuran telah lama diketahui memiliki segudang manfaat kesehatan. Kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral sangat banya terdapat pada sayur-sayuran. 

Baca Juga: Bahaya! Jika Menemukan Tanda Ini pada Tubuh Anda saat Buang Air, Segera Temui Dokter karena...

Penderita diabetes pun sangat dianjurkan mengonsumsi sayur-sayuran, mengapa demikian?

Melansir laman kesehatan Medical News Today, karbohidrat yang baik memberikan nutrisi dan energi, menjadikannya pilihan makanan yang aman, efisien, dan bergizi bagi penderita diabetes.

Sayuran dengan GI (Glikemik Indeks) rendah hingga sedang, seperti wortel, meningkatkan kontrol glukosa darah dan mengurangi risiko kenaikan berat badan.

Makanan kaya nitrat, seperti bit, adalah salah satu sayuran terbaik untuk penderita diabetes tipe 2 yang juga memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi dari biasanya. Fakta ini tetap benar meskipun kandungan karbohidratnya tinggi.

Baca Juga: Penting! Penderita Diabetes Merasakan Sakit di Seluruh Badan? Mungkin Ini Penyebabnya

Kunci pengelolaan makanan yang efektif adalah dengan meningkatkan asupan sayuran dan mengurangi konsumsi karbohidrat di tempat lain dalam makanan dengan mengurangi makanan seperti roti atau makanan ringan manis.

Seseorang dengan diabetes harus memasukkan serat dan protein dalam jumlah yang cukup dalam makanan. Banyak sayuran berdaun gelap kaya akan serat, protein, dan nutrisi penting lainnya.

Baca Juga: Wajib Tahu! Bukan Hanya Satu Jenis, Diabetes Insipidus Ternyata…

Serat dapat membantu mengontrol kadar glukosa darah. Sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan polong-polongan memiliki kandungan serat yang sangat baik.

Sayuran juga mendukung peningkatan kadar kolesterol sehat dan menurunkan tekanan darah. Seperti halnya protein, serat bisa membuat orang merasa kenyang lebih lama.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini