Agar Manfaat Kesehatan Bisa Didapatkan Optimal, Ahli Ungkap Cara Ini untuk Memasak Oatmeal

Agar Manfaat Kesehatan Bisa Didapatkan Optimal, Ahli Ungkap Cara Ini untuk Memasak Oatmeal Kredit Foto: Republika

Oatmeal dapat menjadi menu sarapan yang mendekati sempurna. Alasannya, kandungan serat yang tinggi di dalam oatmeal bisa memberikan perasaan kenyang yang bertahan hingga jam makan siang.

Di samping itu, oatmeal jenis gandum utuh juga dapat memberikan beragam manfaat lain. Menurut studi, beberapa manfaat tersebut adalah menurukan risiko penyakit jantung, kanker, dan kematian akibat masalah terkait kesehatan.

Baca Juga: Apakah Penyakit Kencing Manis Sama dengan Diabetes?

Tentu, oatmeal bisa diolah dengan banyak metode, mulai dari memanggangnya hingga merendamnya semalaman. Di antara banyaknya variasi mengolah oatmeal. ahli gizi Sarah Garone NDTR mengatakan ada satu metode pengolahan yang paling dia sukai.

"(Metode itu adalah) memasak dengan microwave," jelas Garone, seperti dilansir EatThis, Ahad (10/10).

Sekilas, hal ini mungkin terdengar mengejutkan. Terlebih, penggunana microwave seringkali disebut dapat menurunkan zat gizi pada beberapa makanan dan membuat sebagian makanan lain menjadi kering dan keras.

"(Penggunaan microwave) tak memiliki efek tersebut pada oat," ungkap Garone.

Baca Juga: Ini 2 Alasan Mengapa Oatmeal Dikatakan Jadi Menu Sarapan Paling Sehat

Memasak oatmeal dengan microwave merupakan hal yang sangat sederhana dan bisa dilakukan dengan cepat. Oleh karena itu, sangat cocok untuk mengolah menu sarapan dari oatmeal.

Untuk membuat oatmeal dengan microwave ala Garone, hal pertama yang perlu disiapkan adalah setengah cangkir quick-cooking oat. Porsi ini bisa diperbanyak menjadi dua kali lipat untuk orang dengan nafsu makan besar.

Hal selanjutnya adalah menambahkan air putih ke dalam oat tersebut. Perbandingan air putih dan oat adalah dua banding satu. Bila oat yang digunakan setengah cangkir, maka air putih yang digunakan adalah satu cangkir.

Baca Juga: Sperma Baik untuk Kesehatan Kulit, Benar atau Salah? Ternyata...

Langkah selanjutnya adalah memasukkan oat dan air putih ini ke dalam microwave. Susu sapi atau sari almond biasanya sering digunakan untuk memasak oatmeal. Akan tetapi kedua minuman ini kurang cocok digunakan untuk memasak oatmeal lewat microwave.

Setelah oatmeal matang di microwave, langkah berikutnya adalah memberikan topping. Garone biasanya menambahkan satu sendok makan selai kacang alami tanpa gula tambahan untuk menambah rasa creamy. Aduk selai kacang ini hingga menyatu dengan oatmeal.

"(Selai kacang) juga untuk memberi tambahan protein dan lemak sehat," jelas Garone.

Di atas sajian oatmeal tersebut, Garone seringkali menambahkan potongan buah pisang. Untuk menambah rasa manis, Garone menambahkan satu atau dua sirup maple di atasnya. Sirup maple dapat menjadi pilihan yang baik karena mengandung lebih sedikit karbohidrat dan indeks glikemik yang cukup rendah dibandingkan madu atau gula merah.

"Saya menyelesaikan (resep ini) dengan taburan kayu manis," ujar Garone. 

Baca Juga: Kenapa Penderita Diabetes Mengalami Penurunan Berat Badan Tanpa Adanya Usaha?

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini