Langkah Mulus Indonesia ke Kualifikasi Piala Asia 2023

Langkah Mulus Indonesia ke Kualifikasi Piala Asia 2023 Kredit Foto: PSSI

Indonesia berhasil melangkah mulus ke kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka menang agregat 5-1 atas Taiwan di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, Senin (11/10).

Pada leg pertama, Indonesia berhasil menang 2-1 atas Taiwan. Leg kedua ini, Indonesia kembali menang dengan skor 3-0. Tiga gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Egy Maulana pada menit ke-27, Ricky Kambuaya menit ke- 54, dan Witan Sulaeman menit ke-90'+3

Walau sudah unggul di leg pertama, Indonesia tetap tampil impresif. Di menit ke-26, Egy melepaskan umpan lambung dari luar kotak penalti. Ahmad Agung menyentuh bola dengan kepalanya dan pergerakan tersebut menipu kiper Taipei dan membuat gol pembuka tercipta untuk Indonesia.

Gol pertama tetap membuat Indonesia menguasai permainan namun sisa waktu di babak pertama tidak memberikan perubahan apa-apa. Memasuki babak kedua, kedua tim tidak melakukan perubahan dari sisi formasi.

Indonesia menambah keunggulan di menit ke-55 melalui gol Ricky Kambuaya. Gelandang Evan Dimas melepaskan umpan silang dari kanan pertahanan Taipei dan bola berakhir di hadapan Ricky karena salah diantisipasi oleh pemain Taipei.

Unggul 2-0 memberikan kesempatan bagi Shin Tae-Yong untuk melakukan rotasi. Pelatih asal Korea Selatan itu memasukkan Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, serta pencetak gol di pertandingan pertama, Ramai Rumakiek.

Perubahan ini cukup memberik kesan di menit-menit akhir laga. Salah satunya adalah serangan balik yang dimotori Asnawi Mangkualam Bahar dan berakhir dengan gol Witan namun dianulir oleh wasit karena sang gelandang terjebak off-side.

Lewat dari menit ke-90, Indonesia mendapatkan gol penutup melalui serangan balik lewat Witan Sulamean. Pemain klub Liga Polandia, Lechia Gdansk, tersebut mencetak gol dari sayap kanan dengan sepakan mendatar menyusur gawang Taipei.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini